Hindari Belanja Berlebihan Pakai Uang THR, Sebaiknya Investasi Saja

Kompas.com - 16/05/2020, 11:43 WIB
Ilustrasi THR ShutterstockIlustrasi THR

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar gembira hadir di tengah situasi pandemi virus corona, yakni uang THR (Tunjangan Hari Raya) untuk PNS dan pegawai swasta sudah cair.

Dalam situasi normal, mayoritas uang THR akan habis dibelanjakan guna memenuhi kebutuhan hari raya. Seperti beli tiket mudik, beli baju baru, jalan-jalan bersama keluarga dan lain sebagainya.

Kini gara-gara virus corona, terpaksa Anda harus sabar tidak mudik dulu dan Lebaran di rumah saja. Walau tidak jadi mudik, jangan sampai THR ludes karena khilaf belanja online.

Baca juga: Pengumuman, THR PNS dan TNI-Polri Cair Hari Ini

Oleh karena itu, buatlah prioritas keuangan khusus alokasi uang THR.

Misalnya, 30 persen untuk bayar utang/cicilan, 20 persen untuk simpanan dana darurat, 20 persen untuk belanja kebutuhan lebaran. Sisanya, 30 persen bisa dialokasikan untuk investasi.

Dalam masa corona ini, sebaiknya Anda lebih berfokus memperkuat dana darurat dan investasi dengan uang THR. Lalu, apa saja pilihan investasi yang aman?

Simak ulasannya dari Cermati.com.

1. Emas

Emas termasuk instrumen investasi yang paling aman dan minim risiko. Nilai emas juga relatif tidak mudah tergerus inflasi, dengan keuntungan (return) lebih tinggi dibandingkan deposito.

Ada dua bentuk investasi emas yaitu emas batangan (logam mulia) dan emas perhiasan.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Emas Antam Naik Rp 2.000

Untuk tujuan investasi, sebaiknya pilih emas batangan ketimbang perhiasan. Dari sisi return, emas batangan memiliki nilai yang lebih stabil dengan harga jual lebih tinggi.

Sedangkan emas perhiasan, ketika dijual lagi, nilainya akan berkurang karena ada potongan ongkos pembuatan perhiasan.

Kini investasi emas makin mudah dan terjangkau. Anda tak perlu menunggu punya banyak uang untuk beli emas batangan. Contohnya, harga emas Antam 10 gram (14/5/2020) dipatok sebesar Rp 8.675.000, tapi uang THR hanya ada Rp 2 juta,nAnda bisa membeli emas tersebut dengan cara cicilan atau ikut program tabungan emas.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X