Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Pergerakan IHSG Diprediksi Positif

Kompas.com - 03/06/2020, 08:14 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak positif hari ini. Sebelumnya IHSG ditutup pada zona hijau dengan kenaikan 1,98 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, pergerakan IHSG akan positif didorong oleh optimisme pasar dengan pembukaan ekonomi berbagai belahan dunia.

Selain itu, banyak perusahaan farmasi dan bioteknologi yang terus berpacu menemukan vaksin Covid-19 juga memberikan sentimen positif ke pasar.

“Indeks kemungkinan akan menguat karena pasar mengapresiasi pembukaan ekonomi yang menjadi brita utama penggerak pasar. Saya lihat bursa Eropa dan AS positif. Kabar vaksin juga mnjadi hal yang direspons positif oleh pasar,” kata Hans kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Baca juga: Luhut Ungkap Alasan Pemerintah Belum Umumkan Berlakunya New Normal

Di sisi lain, sentimen negatif masih menghatui pasar bursa saham lantaran konflik antara AS dan China yang semakin memanas. Jumat lalu, Presiden AS Donald Trump mulai menarik semua hak istimewa yang telah diberikan kepada Hong Kong, baik dalam ekonomi ataupun perdagangan.

Dengan dicabutnya hak otonomi, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi berbagai perjanjian yang dimiliki AS dengan Hong Kong.

“Faktor yang mungkin memberatkan pasar dan menjadi perhatian adalah hubungan China dan AS yang kemungkinan masih akan memanas. Karena kan AS telah mencabut status khusus Hong Kong,” kata dia.

Sementara dari domestik, pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk UMKM masih menjadi perhatian pasar, karena dengan begitu maka ekonomi Indonesia perlahan akan kembali pulih.

Hans memproyeksikan IHSG hari ini akan bergerak menguat dengan level support 4.753 sampai dengan 4.704 dan resistan pada level 4.884 sampai dengan 4.975.

Baca juga: Luhut Tantang Pengkritik Utang Negara Tatap Muka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com