Pagi Ini, Rupiah Dibuka Rp 14.218 Per Dollar AS

Kompas.com - 03/06/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (3/6/2020) menguat tajam.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.14 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.218 per dollar AS atau menguat 198 poin (1,37 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.416 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pengutan rupiah hari ini terdorong oleh pembukaan kembali perekonomian di beberapa negara pandemi dan rencana new normal di Indonesia.

Baca juga: IHSG Dibuka Naik 91,36 Poin ke 4.938

“Para pelaku pasar seakan tidak mau ketinggalan kereta dan berusaha segera masuk ke aset-aset berisiko untuk mendapatkan yield yang lebih tinggi, membuat rupiah menguat,” kata Ariston kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Di sisi lain, kerusuhan di AS yang masih belum selesai hingga hari ini menjadi salah satu faktor yang berdampak pada terganggunya perekonomian AS dan menyebabkan tekanan pada mata uang dollar.

“Pasar masih mewaspadai ketegangan AS dan China yang bisa membalikkan keadaan bila berlanjut ke perang dagang,” jelas dia.

Ariston memprediksi hari ini rupiah berpotensi menguat pada kisaran support Rp 14.300 per dollar AS, dengan potensi resisten di kisaran Rp 14.480 per dollar AS.

Baca juga: Bos Garuda: Industri Penerbangan Akan Kembali Normal dalam 2-3 Tahun

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X