BI: Pelemahan Rupiah Hanya Sementara, Masih Undervalued

Kompas.com - 12/06/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai Tukar rupiah terhadap dollar AS terpantau masih melemah dan kembali ke level Rp 14.000.

Mengutip data Bloomberg, hingga siang ini rupiah berada di level Rp 14.204. Rupiah melemah 184 poin atau 1,31 persen dibanding pembukaan perdagangan di level Rp Rp 14.060 hari ini.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI, Nanang Hendarsah mengatakan, pelemahan rupiah hari ini bersifat sementara, karena pengaruh sentimen global dari jatuhnya pasar saham AS.

"Jatuhnya pasar saham AS dipicu oleh gelombang kedua wabah virus Covid-19 di AS yang telah menginfeksi 2 juta orang," kata Nanang dalam keterangannya, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Untuk membuat rupiah tak melemah terlalu tajam dan kembali perkasa, Bank Indonesia hari ini melakukan stabilisasi nilai tukar di pasar spot dan DNDF.

Lebih lanjut dia menuturkan, rupiah masih memiliki ruang penguatan karena posisinya masih undervalued. Sebab, defisit transaksi berjalan akan turun dan inflasi akan terjaga rendah.

"Neraca perdagangan Mei diperkirakan akan mengalami surplus signifikan. Hal ini sejalan dengan proyeksi Bank Indonesia, yang memprakirakan defisit transaksi berjalan 2020 akan menurun menjadi di bawah 2 persen PDB, dari prakiraan sebelumnya 2,5 persen - 3 persen PDB," tutur Nanang.

Selanjutnya, Bank Indonesia tetap berkomitmen untuk menjaga stabilitas rupiah dengan melakukan stabilisasi di pasar spot dan menyediakan likuiditas DNDF. Stabilisasi juga dilalukan di pasar obligasi bila terjadi pelepasan SBN oleh investor asing dalan skala besar.

"Hal ini untuk mencegah pelemahan Rupiah yang terlalu tajam, yang bisa mengganggu kestabilan ekonomi dan sistem keuangan nasional," pungkasnya.

Baca juga: Rupiah Dibuka Melemah, Tembus Rp 14.140 Per Dollar AS



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X