Mal Beroperasi Lagi, Buka Mulai Pukul 11.00 WIB hingga Tombol Lift Bersensor

Kompas.com - 15/06/2020, 06:35 WIB
Ilustrasi mal ShutterstockIlustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hampir beberapa bulan ditutup akibat pandemi Covid-19, kini mal-mal yang berada di Jakarta resmi kembali dibuka.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, jam operasional dibukanya pusat belanja atau mal akan ditentukan oleh masing-masing pusat belanja.

"Tapi, pada umumnya akan dibuka dari pukul 11.00 - 20.00 WIB, sementara saat normal dulu bukanya mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Menurut Ellen, pihaknya secara konsisten akan memberikan arahan dan pemahaman kepada pusat perbelanjaan lainnya untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan ketat, sebagaimana yang telah diwajibkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Daftar 80 Mal di Jakarta yang Akan Buka Mulai Senin

Untuk itu, mal-mal di DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan dan langkah-langkah nyata, seperti menyediakan wastafel, sabun cuci tangan, hand sanitizer, aturan wajib menggunakan masker ketika memasuki area mal, pengukuran suhu tubuh, pembatasan jumlah pengunjung sebesar 50 persen, dan melakukan aturan physical distancing di dalam mal.

Dia menyatakan, saat ini banyak mal yang melangkah lebih jauh dari sekadar menyiapkan syarat utama yang diwajibkan Pemprov DKI Jakarta.

Seperti Emporium Pluit mal yang saat ini tengah menjalankan program 100 persen touchless, yaitu wastafel cuci tangan dan hand sanitizer yang pengoperasiannya dilakukan secara otomatis atau tanpa disentuh.

"Begitu pula dengan tombol lift yang saat ini sudah menggunakan sensor, sehingga pengunjung tidak perlu menyentuhnya ketika ingin menggunakan lift," jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Ellen, asosiasi juga tengah mengimbau para pengunjung dan tenant untuk mendorong dalam penggunaan pembayaran dengan menggunakan metode secara non-tunai. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak secara langsung dengan petugas kasir.

Di samping itu, pihak mal juga diminta untuk harus mengadakan pengecekan keamanan area luar maupun dalam mal dengan terus mengaktifkan patroli keliling mal selama 24 jam nonstop yang bekerja sama dengan aparat keamanan atau Polri.

"Kami melakukan protokol kesehatan ini karena kemanan dan kenyamanan pengunjung mal adalah hal utama menjadi perhatian kami. Karena bagaimanapun juga, ini merupakan sebagai bagian kewajiban dan tekat kami untuk memutus rantai Covid-19 ini demi kehidupan kita bersama yang akan datang," jelas dia.

Baca juga: Mal di Jakarta Beroperasi Senin, Bioskop hingga Karaoke Belum Buka



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X