Jika Investasi ORI017 Rp 1 Juta, Begini Perhitungan Imbal Hasilnya

Kompas.com - 16/06/2020, 08:38 WIB
ilustrasi investasi FREEPIK/JCOMPilustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI017 per kemarin, Senin (15/6/2020). Masa penawaran ini akan ditutup pada ditutup 9 Juli 2020 dengan masa jatuh tempo pada 15 Juli 2023.

Surat utang pemerintah yang ditawarkan secara e-SBN tersebut bakal memiliki kupon sebesar 6,4 persen. Artinya, investor yang membeli atau berinvestasi melalui ORI017 bakal mendapatkan imbal hasil sebesar 6,4 persen per tahun dari pemerintah.

Investor ritel dapat membeli ORI017 dengan nilai minimum sebesar Rp 1 juta, sementara maksimum Rp 3 miliar.

Baca juga: Investasi ORI017 dan Deposito, Lebih Untung Mana?

Lalu, berapa imbal hasil yang akan didapatkan jika berinvestasi lewat ORI017 dengan nilai minimum atau Rp 1 juta?

Jika investor membeli ORI017 senilai Rp 1 juta, maka dalam satu tahun, besaran kupon kotor yang di dapatkan sebesar Rp 64.000. Dengan demikian, kupon kotor yang akan dikantongi per bulan sebesar Rp 5.333.

Namun, angka tersebut belum memperhitungan pajak penghasilan (PPh) final sebesar 15 persen. Meski demikian, besaran nilai pajak tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pajak deposito yang mencapai 20 persen.

Setelah dipotong pajak, nilai imbal hasil bersih yang akan didapatkan oleh investor sebesar Rp 4.533.

Adapun jika menggunakan cara menghitung yang sama, nilai imbal hasil yang didapatkan jika berinvestasi Rp 3 miliar sebesar Rp 13,6 juta per bulan.

Baca juga: Masa Penawaran ORI017 Dibuka Hari Ini, Bisa Dibeli di Mana?

ORI017 vs Deposito

Direktur Surat Utang Negara DJPPR Deni Ridwan menjelaskan ORI bisa menjadi alternatif investasi masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Sebab, dengan risiko yang cenderung terbatas, kupon yang ditawarkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata bunga deposito perbankan yang sekitar 5 persen.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X