Bos Garuda Pastikan Pramugari Tetap Kenakan Masker Selama Penerbangan

Kompas.com - 19/06/2020, 21:13 WIB
Garuda Indonesia Raih World Best Cabin Staff - Para pramugari Garuda Indonesia melakukan performer usai menerima penghargaan Worlds Best Cabin Staff dari Skytrax yang berbarengan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough Air Show 2016 di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7). Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Garuda Indonesia. KOMPAS.com/WAWAN H PRABOWOGaruda Indonesia Raih World Best Cabin Staff - Para pramugari Garuda Indonesia melakukan performer usai menerima penghargaan Worlds Best Cabin Staff dari Skytrax yang berbarengan dengan ajang pameran kedirgantaraan Farnborough Air Show 2016 di Farnborough, Inggris, Selasa (12/7). Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Garuda Indonesia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan seluruh awak kabin pesawat akan tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) selama penerbangan berlangsung, sebagai bentuk komitmen pelaksanaan protokol kesehetan.

Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra membantah kabar awak kabin maskapai pelat merah tersebut akan berhenti menggunakan masker dan hanya mengenakan face shield saja.

"Rencana penggunaan face shield oleh awak kabin Garuda pada prinsipnya merupakan APD pelengkap atau tambahan bagi awak kabin dan tidak menggantikan masker yang saat ini telah digunakan oleh awak kabin kami," tuturnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Telkom Bagikan Dividen Rp 15,26 Triliun

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi penggunaan kelengkapan APD bagi awak kabin yang paling sesuai dan aman digunakan selama penerbangan.

"Namun tetap memberikan kenyamanan dan keleluasaan berinteraksi dengan pengguna jasa yang tentunya tetap mengacu pada aspek regulasi dan safety yang berlaku," katanya.

Selain penggunaan face shield, berbagai alat penunjang lainnya tengah disiapkan Garuda untuk memfasilitasi keamanan dan kenyamanan awak kabin serta penumpang selama penerbangan.

Baca juga: Dirut Garuda Gambarkan Terminal 3 Bandara Soetta Layaknya Kuburan

"Hingga rencana penggunaan apron sekali pakai untuk awak kabin ketika menyajikan makanan kepada penumpang," ujar Irfan.

Menurutnya, adaptasi seperti rencana-rencana tersebut menjadi sangat penting selama penerbangan periode tatanan baru atau new normal.

"Ini guna menjaga kepercayaan dan minat pengguna jasa untuk kembali merencanakan perjalanan menggunakan layanan transportasi udara," ucap Irfan.

Baca juga: YLKI Nilai PLN Berpotensi Langgar UU Perlindungan Konsumen



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X