Kemenkop UKM Minta Pelaku Usaha Bisa Beradaptasi di Tengah Pandemi

Kompas.com - 20/07/2020, 21:33 WIB
Ilustrasi UMKM produksi masker non medis. ShutterstockIlustrasi UMKM produksi masker non medis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Deputi Kewirausahaan Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi (Kemenkop UKM) Nasrun Siagian meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa beradaptasi di tengah mewabahnya Pandemi Covid-19.

Salah satu cara beradaptasi yang bisa dilakukan, menurut dia, adalah dengan mengubah produk-produk yang dijual sebelumnya dengan produk-produk yang dibutuhkan oleh banyak masyarakat saat ini.

"Misalnya saja bagi pelaku usaha yang memiliki usaha cafe yang dulunya menjual kopi, saya kira saat ini bisa menambah menunya dengan berjualan minuman kesehatan," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (20/7/2020).

Baca juga: 5 Strategi yang Dilakukan Kemenkop UKM untuk Mempercepat UMKM Naik Kelas

Dengan begitu kata dia pelaku UMKM bisa kembali mendapatkan tambahan penghasilan di masa pandemi ini.

Selain itu, Nasrun juga meminta pelaku UMKM bisa melakukan penjualan secara digital. Apalagi saat ini, kata dia, pola konsumsi masyarakat sudah bergeser ke ranah digital.

Berdasarkan data yang ia terima, Nasrun menyebutkan saat ini Indonesia adalah negara yang memiliki pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara, selain itu juga Indonesia memiliki jumlah pengguna internet sebanyak 150 juta pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya kira angka ini terus bertambah apalagi sekarang kita lihat sendiri banyak yang sudah berbelanja menggunakan digital. Situasi ini seharusnya bisa kita manfaatkan, warung-warung tetangga ataupun warung orang tua kita seharusnya sudah bisa kita buat penjualannya secara digital," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.