Menaker Ingin Pastikan TKA China Sesuai RPTKA dan Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 27/07/2020, 17:05 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sambangi Kantor PT KCIC di Cikarang, sekaligus mengawasi TKA China di sana, Senin (27/7/2020). Dokumentasi Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sambangi Kantor PT KCIC di Cikarang, sekaligus mengawasi TKA China di sana, Senin (27/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambangi lokasi pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Dia ingin mengamati langsung para tenaga kerja asing (TKA) China yang bekerja pada proyek tersebut apakah sesuai dengan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) oleh perusahaan.

"Pagi ini saya melihat langsung proyek strategis nasional (PSN) yaitu proyek kereta cepat yang dimulai dari Jakarta-Bandung, dikelola oleh KCIC (Kereta Cepat Indonesia-China). Kedatangan saya yang pertama, ingin memastikan bahwa pemberian izin tenaga kerja asing sesuai dengan RPTKA yang diajukan ke Kementerian Ketenagakerjaan," katanya di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Konflik dengan PTPN II, 170 Buruh Tani Mengadu ke Menaker

Tujuan selanjutnya kedatangannya dalam proyek tersebut adalah ingin memastikan perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta keselamatan seluruh pekerjanya.


"Yang kedua, karena ini teknologi tingkat tinggi maka ingin memastikan keselamatan kerja (K3) bagi para pekerja di sini," ujarnya.

Tak hanya itu, Ida ingin memastikan para TKA China tersebut telah menyalurkan keahliannya (transfer of knowledge) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI). Perusahaan juga membuka peluang penyaluran ilmu teknologi dengan melibatkan perguruan tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang ketiga, saya ingin memastikan ada transfer of knowledge. Jadi, saya sudah mendapatkan laporan dari Pak Dirut (KCIC) ternyata transfer of knowledge tidak hanya diberikan kepada tenaga kerja yang sekarang mengerjakan proyek ini," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X