Kementerian ESDM: Konsumsi BBM Sempat Turun 80 Persen akibat PSBB

Kompas.com - 30/07/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean) Ilustrasi BBM. (ABC/Nic MacBean)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) memberikan pukulan telak terhadap industri migas nasional.

Hal tersebut terefleksikan dengan sempat anjloknya konsumsi bahan bakar minyak ( BBM).

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Ego Syahrial mengatakan, konsumsi BBM nasional sempat turun hampir 80 persen dibandingkan tahun lalu, akibat kebijakan pembatasan pergerakan yang dilakukan oleh berbagai pemerintah daerah.

Baca juga: New Normal, Konsumsi BBM Pertamina Kembali Naik

Namun demikian, Ego tidak menyebutkan secara detail periode penurunan konsumsi BBM tersebut.

"Konsumsi BBM tercatat turun hampir 80 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," katanya, dalam sambutan peluncuran Program Menuju Transisi Energi Rendah Karbon Indonesia (Mentari), Kamis (30/7/2020).

Selain itu, meskipun saat ini berbagai pemerintah sudah melakukan relaksasi terkait aturan pembatasan pergerakan, permintaan terhadap BBM dari sektor bisnis maupun industri masih belum kembali normal.

Merespon hal tersebut, pemerintah memutuskan untuk melakukan penyesuaian terhadap produksi bahan bakar nasional.

"Selama masa sulit, produksi energi harus disesuaikan untuk menciptakan new normal," ujarnya.

Baca juga: Alasan Pertamina Berencana Hapus BBM Premium

Dalam penyesuaian tersebut, Ego menekankan pentingnya peningkatan bauran energi baru terbarukan (EBT). Hal tersebut sejalan dengan upaya pemerintah untuk merealisasikan target bauran EBT terhadap energi nasional sebesar 23 persen pada 2025.

Selain itu, peningkatan bauran EBT juga merupakan salah satu langkah utama pemerintah untuk mengurangi produksi emisi karbondioksida.

Sehingga, harapannya pada tahun 2030, produksi emisi karbondioksida nasional dapat berkurang hingga 29 persen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X