Ada Lelang Online Sepeda Brompton, Pegadaian Pastikan Akun Palsu

Kompas.com - 10/08/2020, 11:56 WIB
Ilustrasi Sepeda Brompton SHUTTERSTOCKIlustrasi Sepeda Brompton

JAKARTA, KOMPAS.com - Penipuan di media sosial kian menjamur. Salah satunya, berkonsep lelang online barang sitaan yang mencatut nama PT Pegadaian (Persero) di instagram, facebook, dan media sosial lainnya.

Teranyar ada akun instagram @pt.pegadaian.lelang.id yang melelang sepeda Brompton dengan berbagai jenis, seharga Rp 5 juta. Jauh di bawah harga pasaran sepeda Brompton yang bisa mencapai di atas Rp 50 juta per unit, yang memang dikenal sebagai sepeda termahal di dunia.

Selain itu, akun ini juga melelang gelang, cincin, dan kalung emas, juga emas batangan Antam. Tentunya harga yang dibanderol jauh dibawah harga pasaran.

Baca juga: Ada Beasiswa Prodi Energi Baru Terbarukan di Politeknik Kemenperin

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Perusahaan Pegadaian R. Swasono Amoeng Widodo mengkonfirmasi bahwa segala lelang online atas nama Pegadaian adalah palsu atau hoaks. Sebab, perusahaan hanya melakukan lelang secara offline.

"(Kami) tidak ada lelang online, mereka (akun) abal-abal (palsu)," kata Amoeng ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Pegadaian hanya melakukan lelang barang sitaan atau barang jaminan yang jatuh tempo di Kantor Cabang Pegadaian yang ada diseluruh Indonesia, bisa juga lewat bazar atau pameran sehingga transaksi pun bisa dilakukan secara langsung.

Nasabah dapat memilih dan meneliti barang yang akan dibeli yang kemudian jika terjadi kesepakatan, baru dilakukan pembayaran.

Baca juga: Daftar Lelang Mobil Murah Sitaan Ditjen Pajak dan Bea Cukai

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X