[POPULER DI KOMPASIANA] Ancaman Resesi | Uang Baru Rp 75.000 | Ghibah ala Bu Tejo

Kompas.com - 22/08/2020, 15:13 WIB
Petugas memperlihatkan uang baru pecahan Rp 75.000 di Bank Indonesia, Padang, Sumatera Barat, Selasa (18/8/2020). Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 75, Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas pecahan Rp 75.000. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ARIF PRIBADPetugas memperlihatkan uang baru pecahan Rp 75.000 di Bank Indonesia, Padang, Sumatera Barat, Selasa (18/8/2020). Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 75, Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas pecahan Rp 75.000.

KOMPASIANA--Meski banyak pihak telah mengatakan jika kini dunia, termasuk Indonesia, telah mengalami resesi, tetapi Menteri Keuangan Sri Mulyani berkata lain.

Secara teknikal, katanya, Indonesia belum masuk fase resesi.

"Biasanya dalam melihat resesi itu, dilihat year on year untuk dua kuartal berturut-turut," katanya, dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8/2020) seperti dilansir oleh Kompas.com.

Kendati sulit membalikkan pertumbuhan di kala gelombang resesi mengguncang dunia, ada beberapa indikator yang menunjukkan terjadi perbaikan di sejumlah sektor.

Selain topik mengenai ancaman resesi, pada pekan ini Kompasiana juga diramaikan beberapa konten lainnya seperti uang pecahan baru Rp 75.000 hingga perbincangan mengenai film " Tilik".

Inilah 5 konten menarik dan terpopuler di Kompasiana dalam sepekan:

1. 75 Tahun Indonesia Merdeka, Harapan, dan Ancaman Resesi

Resesi ekonomi, tulis Kompasianer Jhon Miduk Sitorus, adalah sesuatu yang akan dan "pasti terjadi", tetapi ini soal bagaimana kita menghadapi.

Hal tersebut bisa saja akan berjalan kembali, tetapi bukan dalam keadaan normal sebelumnya, sehingga relevan dengan konsep new normal dari yang disosialisasikan oleh pemerintah.

Berbagai kebijakan digenjot agar Indonesia terhindar dari resesi, misalnya, pemberian bantuan tunai kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X