Daya Beli Terpukul, RI Catat Inflasi Tahunan Terendah sejak Mei 2000

Kompas.com - 01/09/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi Indonesia SHUTTERSTOCKIlustrasi Indonesia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, terjadi deflasi sebesar 0,05 persen pada Agustus 2020.

Angka ini membuat inflasi tahun kalender (year to date/ytd) menjadi 0,93 persen, dan inflasi secara tahunan (year on year/yoy) sebesar 1,32 persen.

Kepada BPS Suhariyanto menyebutkan, inflasi tahunan sebesar 1,32 persen menunjukkan pandemi Covid-19 menghantam sisi demand (permintaan) sehingga daya beli masyarakat menurun.

Baca juga: Harga-harga Komoditas Ini Turun, Agustus Alami Deflasi 0,05 Persen

Inflasi tahunan 1,32 persen ini merupakan angka terendah sejak bulan Mei tahun 2000.

"Kalau lacak perkembangan mundur, terendah sejak Mei tahun 2000 dengan inflasi 1,2 persen," kata Suhariyanto dalam konferensi virtual, Selasa (1/9/2020).

Pria yang akrab disapa Kecuk ini juga menyoroti fenomena deflasi pada 2020. Sepanjang tahun ini, Indonesia telah mengalami deflasi selama 2 bulan berturut-turut, yakni pada Juli dan Agustus masing-masing sebesar 0,10 persen dan 0,05 persen.

Menurutnya, tren deflasi tersebut terjadi di hampir semua negara. Pandemi Covid-19 yang mengerek pelemahan data beli membuat inflasi rendah, bahkan menuju deflasi.

"Covid-19 menghantam seluruh lapisan masyarakat. Kita berharap ke depan bisa cepat pulih kembali. Pemerintah sudah membuat berbagai kebijakan yang tertuang dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional," sebutnya.

Baca juga: Aturan Terbit, PNS Bakal Dapat Uang Pulsa hingga Rp 400.000 Per Bulan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X