[POPULER MONEY] Resesi Kian di Depan Mata | Kekayaan Anies Baswedan

Kompas.com - 24/09/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRINGIlustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinyal resesi menghampiri Indonesia kian kuat. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan hal itu dalam berbagai kesempatan.

Berita mengenai resesi tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (24/9/2020). Adapun berita lain yang masuk terpopuler adalah mengenai kekayaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berikut daftar berita terpopuler di kanal Money sepanjang hari kemarin:

1. Sinyal Kuat Resesi Ekonomi Indonesia

Ancaman resesi kian nyata di depan mata. Pasalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali memberi sinyal pertumbuhan ekonomi akan minus pada kuartal III mendatang.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi akan mengalami kontraksi sebanyak dua kali berturut-turut lantaran pada kuartal II yang lalu, kinerja perekonomian RI telah mencatatkan kontraksi hingga minus 5,23 persen.

RI bakal masuk ke definisi resesi secara teknis. Sri Mulyani mengatakan, perekonomian pada kuartal III mendatang bakal minus 2,9 persen hingga minus 1,1 persen. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Resesi Kian Nyata, Simak 6 Tips Keuangan di Masa Sulit

Sinyal perekonomian Indonesia masuk resesi kiat menguat. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III-2020 masih akan minus 2,9 persen.

Dengan demikian, secara teknikal, perekonomian nasional akan memasuki resesi. Pasalnya, pada kuartal II-2020, produk domestik bruto (PDB) tumbuh negatif, yakni minus 5,32 persen.

"Kementerian Keuangan merevisi forecast untuk September, sebelumnya untuk tahun ini minus 1,1 persen hingga positif 0,2 persen. Forecast terbaru September untuk (ekonomi) 2020 di minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen," ujar Sri Mulyani, Selasa (23/9/2020). Selengkapnya silakan baca di sini.

3. Mendikbud hingga Gubernur DKI, Berapa Kekayaan Anies Baswedan?

Siapa tak kenal dengan Anies Baswedan. Namanya mulai dikenal publik ketika menjadi Rektor Universitas Paramadina periode 2007-2015. Saat itu, Anies tercatat jadi rektor termuda di Indonesia dengan usia saat itu 38 tahun ( profil Anies Baswedan).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X