Garuda Buka Penerbangan Khusus Kargo dari Manado Langsung ke Jepang

Kompas.com - 24/09/2020, 08:34 WIB
Ekspor perdana komoditas ikan dari Manado ke Jepang secara langsung, Rabu (23/9/2020) dok Garuda IndonesiaEkspor perdana komoditas ikan dari Manado ke Jepang secara langsung, Rabu (23/9/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk membuka layanan penerbangan baru khusus kargo dengan rute penerbangan Manado-Narita, Jepang yang dimulai kemarin, Rabu (23/9/2020).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, rute tersebut dibuka sebagai bagian dari dukungan perseroan terhadap peningkatan daya saing komoditas ekspor kemaritiman nasional.

"Sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk terus berperan aktif di garda terdepan dalam memajukan sektor perekonomian nasional, salah satunya dengan meningkatkan aksesibilitas jaringan pengiriman kargo bagi komoditas ekspor unggulan Indonesia ke pasar dunia," tuturnya, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (24/9/2020).

Baca juga: Promo, Garuda Tawarkan Tiket Seharga Rp 999.000 ke Beberapa Rute Domestik

Irfan menjelaskan, pihaknya akan melayani penerbangan sebanyak 1 kali per minggu menggunakan armada A330-200 dengan kapasitas daya angkut kargo mencapai 35 ton di setiap penerbangannya.

Penerbangan tersebut juga terkoneksi langsung dengan sejumlah destinasi penerbangan lainnya seperti Jakarta, Makassar dan Ambon.

"Tentunya kami harapkan kehadiran penerbangan kargo ini dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas kemaritiman Indonesia dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan," tuturnya.

Jepang dipilih oleh Garuda karena negara tersebut dikenal salah satu pengimpor komoditas maritim terbesar dari Indonesia.

Ke depannya, maskapai plat merah itu akan mengembangkan aksesibilitas jaringan penerbangan khusus kargo ke berbagai negara potensial pengimpor komoditas maritim Indonesia seperti China, Hong Kong maupun berbagai destinasi rute domestik dan internasional lainnya.

Baca juga: Garuda Buka Lagi Penerbangan ke China

"Kami optimistis kehadiran penerbangan kargo ini dapat menjadi langkah berkelanjutan Garuda Indonesia bersama dengan Pemprov Sulut dalam memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X