Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Studi: Gen Z Menyerah Mengejar Pekerjaan Impian akibat Pandemi

Kompas.com - 30/09/2020, 07:00 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Apalagi, bagi mereka yang belum banyak memiliki pengalaman kerja.

Dikutip dari CNBC, Rabu (30/9/2020), hasil studi yang dilakukan lembaga asal Inggris, The Prince's Trust menyebutkan, mayoritas pemuda berusia di bawah 25 tahun atau Gen Z percaya bahwa mereka harus merelakan pekerjaan impiannya di tengah masa sulit ini.

Bahkan, dua dari lima sampel studi diyakini tidak akan mendapatkan pekerjaan yang dicintainya.

Gen Z dinilai sebagai salah satu kelompok yang mendapat pukulan paling telak oleh pandemi. Selain tingginya angka pemutusan hubungan kerja (PHK) di kalangan ini, munculnya disrupsi pembelajaran atau pelatihan juga berimbas terhadap keahlian Gen Z.

Baca juga: Tarif Tol Manado-Bitung Rp 1.100/Km, Menteri PUPR: Cukup Murah!

Biro Statistik Inggris menyatakan, pada kuartal II-2020, terjadi peningkatan angka pengangguran di kalangan pemuda.

Sementara itu, Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) melaporkan, pada Agustus lalu, hampir 42 persen pemuda yang saat ini masih bekerja, gajinya telah dipotong.

The Prince's Trust pun mencatat, 3 dari 5 sampel studi mengaku takut tidak akan mendapat pekerjaan. Pasalnya, setengah dari mereka saat ini sedang tidak bekerja atau menempuh pendidikan dan pelatihan sama sekali.

Mengacu pada temuan-temuan tersebut, CEO The Prince's Trust Jonathan Townsend, mengatakan, pandemi telah menciptakan disrupsi pendidikan, pelatihan, hingga kesempatan kerja bagi para pemuda.

"Kita harus membantu mereka meningkatkan keahliannya, mendapatkan kesempatan kerja, atau kita berpotensi kehilangan ambisi mereka, akibatnya terjadi pengangguran jangka panjang," kata dia.

Baca juga: BLT UMKM yang Sudah Ditransfer Harus Segera Dicairkan, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com