Gedung Dirusak Massa, Kementerian ESDM: Alhamdulillah Enggak Ada yang Cedera...

Kompas.com - 09/10/2020, 13:01 WIB
Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, dirusak oleh massa demonstran yang melempari gedung tersebut dengan bebatuan, Kamis (8/10/2020) sore. ANTARA/Livia KristiantiGedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, dirusak oleh massa demonstran yang melempari gedung tersebut dengan bebatuan, Kamis (8/10/2020) sore.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) yang terletak di Jalan Merdeka Selatan dirusak oleh massa demonstran, Kamis (8/10/2020).

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, massa demonstran melempari kaca pintu utama Gedung Kementerian ESDM dengan batu.

Bukan hanya itu, beberapa mobil yang terparkir punjuga menjadi sasaran perusakan massa tersebut.

“Kemarin ada massa yang masuk memecahkan kaca lobi. Ada juga 6 atau 7 mobil,” katanya, kepada Kompas.com, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Airlangga soal Cipta Kerja: Banyak Hoaks Beredar hingga Dorong Perekonomian

Bukan hanya itu, Agung menyebutkan adanya aksi penjarahan. Beberapa laptop yang tersimpan di dalam gedung pun raib.

“Ada beberapa laptop hilang,” katanya.

Kendati demikian, Agung memastikan tidak ada korban jiwa dari aksi perusakan tersebut.

Sebab, seluruh pegawai yang beraktifitas di gedung tersebut sudah dipulangkan pada saat kejadian terjadi.

“Alhamdulillah enggak ada yang cedera,” katanya.

Seluruh pegawai di Gedung Kementerian ESDM pun sudah diperintahkan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) hari ini.

“Kan kantornya rusak, WFH semua. Ini masih berantakan baru diberesin,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi perusakan Gedung Kementerian ESDM terjadi setelah massa yang melakukan demonstrasi menolak Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dipukul mundur ke Jalan Medan Merdeka Selatan pada Kamis petang.

Massa demo dari kawasan Harmoni dan Bundaran Patung Kuda bergerak mundur menuju Jalan MH Thamrin. Massa kemudian masuk ke kantor Kementerian ESDM melompati pagar.

Massa yang tak terkendali kemudian melempari kaca pintu utama Gedung Kementerian ESDM dengan batu. Tak hanya itu, sebuah mobil yang terparkir pun rusak ringsek akibat menjadi sasaran massa.

Baca juga: Gedung Kantornya Dirusak, Ini Respons Kementerian ESDM



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X