Tangani Covid-19, Indonesia Tetap Kejar Ambisi Jadi Negara Maju 2045

Kompas.com - 12/10/2020, 15:00 WIB
ilustrasi peta Indonesia THINKSTOCKS/NARUEDOMilustrasi peta Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, pemerintah akan terus menjaga momentum untuk menuju Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045 mendatang.

Dia pun mengatakan, meski saat ini perekonomian Indonesia berada dalam tekanan akibat pandemi Covid-19, namun saat ini kondisi perekonomian sudah mengalami pemulihan.

Harapannya, Indonesia mampu menjaga momentum pemulihan tersebut dan kembali ke jalur menuju Indonesia maju di 2045.

Baca juga: Syarat Jadi Negara Maju: Sistem Keuangan Harus Inklusif, OJK Jangan Dilebur

"Memasuki 2020 sebenarnya di Januari situasi cukup optimistis kita lihat, masuk Februari setelah Maret dan seterusnya, pandemi Covid-19 kemudian memasuki perekonomian Indonesia," jelas Suahasil dalam media briefing secara virtual, Senin (12/10/2020).

"Kita melihat perbahan mendasar perekonomian Indonesia karena adanya pandemi, namun demikian tetap dalam path track untuk mewujudkan visi Indonesia emas 2045 menjadi negara maju," jelas dia.

Untuk diketahui tahun ini, Bank Dunia telah meningkatkan status Indonesia dari negara berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income country) menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income).

Kenaikan status tersebut diberikan setelah berdasarkan assessment Bank Dunia terkini Gross National Income ( GNI) per kapita Indonesia tahun 2019 naik menjadi 4.050 dollar AS dari posisi sebelumnya 3.840 dollar AS.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Tujuan Omnibus Law untuk Keluarkan Indonesia dari Middle Income Trap

Untuk menjadi negara maju, Indonesia harus kembali naik kelas menjadi negara berpendapatan tinggi atau high income country dengan GNI di atas 12.535 dollar AS.

GNI adalah total pendapatan warga negara domestik dan asing yang diklaim oleh penduduk dan yang terdiri dari Produk Domestik Bruto (PDB) ditambah faktor pendapatan yang diterima oleh warga asing, dikurangi pendapatan yang diperoleh dalam ekonomi domestik oleh orang non-penduduk.

Suahasil mengatakan, untuk mencapai tujuan Indonesia jadi negara maju itu, pemerintah berupaya menangani pandemi sebaik mungkin. Sementara di sisi lain, transformasi perekonomian dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X