Gelar Diskon Pertalite di Berbagai Daerah, Upaya Pertamina Hapus Premium?

Kompas.com - 16/11/2020, 12:37 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina PertaminaIlustrasi SPBU Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) tengah menggelar diskon harga BBM jenis Pertalite di berbagai daerah melalui Program Langit Biru (PLB).

Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar menjadi dua wilayah yang pertama kali diterapkan diskon harga Pertalite menjadi Rp 6.450 per liter, atau setara dengan Premium.

Program tersebut terus diperluas wilayahnya oleh Pertamina, hingga saat ini telah diterapkan di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Baca juga: Ada Diskon Pertalite Seharga Premium di Jakpus dan Jakut, Berlaku di Semua SPBU?

Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari mengatakan, potongan harga tersebut merupakan upaya edukasi kepada masyarakat untuk beralih dari penggunaan BBM yang tidak ramah lingkungan, seperti Premium.

"Pertamina akan terus mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan dan BBM yang lebih berkualitas," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (16/11/2020).

Selain itu, PLB dinilai sejalan dengan upaya pemerintah untuk menekan kadar emisi gas buang berbahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Program Langit Biru juga  sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam Nationally Determined Contribution (NDC) untuk menurunkan emisi hingga 29 persen pada 2030 yang merupakan tindak lanjut Paris Agreement," tutur Heppy.

Terkait dengan rencana penghapusan Premium, Heppy menyebutkan keputusan sepenuhnya berada di tangan pemerintah.

"Pertamina akan menyalurkan (Premium) selagi masih ada penugasan," katanya.

Sebagai informasi, PLB telah diterapkan di berbagai wilayah, mulai dari Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar,  Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Jakarta Pusat, dan Kota Jakarta Utara.

Diskon yang diberikan guna mendorong peralihan jenis konsumsi BBM itu hanya bisa dinikmati oleh konsumen kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, angkutan umum kota (angkot) serta taksi pelat kuning.

Baca juga: Pemerintah Sebut Pertamina Akan Hapus Premium mulai 1 Januari 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.