Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Ingin Buruh Tak Sekadar Demo, tapi Berdialog untuk Menyelesaikan Masalah

Kompas.com - 28/11/2020, 18:49 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Tenaga Kerja dan Jaminan Sosial untuk Upah dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Aloysius Budi Santoso menyinggung soal para pekerja atau buruh yang lebih memilih melakukan aksi unjuk rasa.

Padahal, kata dia, ada cara lain untuk menyampaikan pendapat dengan melakukan dialog dengan pengusaha dalam menyelesaikan masalah. 

"Sering kali itu kawan-kawannya Bu Elly (Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia) termasuk yang saya hormati. Karena relatively sangat suka berdialog dan tidak hanya sekadar turun ke jalan," kata Aloy dalam webinar virtual Kompas Talk, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Luhut: Saya Enggak Mau Lama-lama, Kerjaan Saya Banyak

"Tapi ada rekan-rekan lain yang sukanya atau hobinya turun ke jalan," lanjut Aloy.

Aloy berpendapat, pekerja atau buruh yang memilih menyuarakan masalah tanpa dialog alias unjuk rasa, hanya mewakili sekian persen dari total pekerja sebanyak 129 juta orang.

"Mungkin mereka hanya mempresentasikan nol koma berapa persen daripada pekerja secara keseluruhan. Maka saya dalam sesi dialog ini mendorong dalam konteks pekerja 129 juta, di mana 94 persennya ada di usaha mikro dan kecil," ujar dia.

Aloy mengibaratkan pekerja dan pemberi kerja adalah sebuah mata uang logam yang berbeda sisi. Namun, tetap saling membutuhkan atau melengkapi.

"Tidak akan pernah ada perusahaan yang berhasil tanpa karyawan. Tapi juga tidak akan pernah ada karyawan kalau enggak ada yang mau berusaha," ujar Aloy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com