[POPULER DI KOMPASIANA] Menyiapkan Guru Masa Depan | Siap-siap 5G | 7 Kesalahan dalam Bisnis

Kompas.com - 28/11/2020, 17:23 WIB
Foto dirilis Rabu (28/10/2020), memperlihatkan pelajar mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan menjaga jarak saat kegiatan Simulasi Adaptasi Kebiasaan Baru Sekolah di SMP Negeri 4 Solo, Jawa Tengah. Untuk mewujudkan pelaksanaan KBM tatap muka di tengah pandemi, Dinas Pendidikan Kota Surakarta menunjuk SMP Negeri 4 mengawali dengan melaksanakan simulasi. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAFoto dirilis Rabu (28/10/2020), memperlihatkan pelajar mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan menjaga jarak saat kegiatan Simulasi Adaptasi Kebiasaan Baru Sekolah di SMP Negeri 4 Solo, Jawa Tengah. Untuk mewujudkan pelaksanaan KBM tatap muka di tengah pandemi, Dinas Pendidikan Kota Surakarta menunjuk SMP Negeri 4 mengawali dengan melaksanakan simulasi.

KOMPASIANA---Ada yang tak kalah penting dan mesti diperhatikan pada perayaan Hari Guru Nasional 2020: menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guru untuk pendidikan di masa depan.

Setidaknya kita bisa sama-sama berharap pada mahasiswa yang kini tengah belajar pada disiplin ilmu pendidikan.

Bukan untuk memberi beban, tapi paling tidak mahasiswa inilah calon guru yang tahu, paham, dan memproyeksikan bentuk maupun pola pendidikan di Indonesia.

Selain itu pendekatan multidisiplin juga tidak kalah pentingnya guna menunjang hingga mengembangkan model lain sebagai alternatif.

Selain konten-konten seputar peringatan Hari Guru Nasional 2020, masih ada konten menarik dan terpopuler lainnya di Kompasiana dalam sepekan.

1. Mahasiswa Pendidikan Abad 21, Sudah Seberapa Siap Kompetensimu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Poin menarik dari pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadeim Makarim memilih frasa "insan pendidikan" untuk mengajak bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi.

Dari sepenggal isi pidato tersebut, Kompasianer Firda Fatimah melihat ada upaya untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas dalam situasi apapun.

Namun, yang menjadi pertanyaan siapa "insan pendidikan" yang dimaksudkan itu?

Bagi Kompasianer Firda Fatimah yang tepat untuk itu adalah "Mahasiswa Pendidikan", karena kelak akan menjadi guru bagi generasi bangsa ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.