Selain Bos Pertamina, Sri Mulyani Juga Masuk Jajaran 100 Perempuan Paling Berpengaruh

Kompas.com - 10/12/2020, 09:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes kembali merilis daftar 100 wanita paling berpengaruh dunia atau The World’s Most Powerful Women.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjadi dua perempuan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

Sri Mulyani berada di peringkat 78, sementara Nicke berada pada peringkat ke 25 dari daftar tersebut.

Baca juga: Bos Pertamina Masuk Jajaran Wanita Paling Berpengaruh Dunia Versi Forbes

Menurut Forbes, sebagai Menteri Keuangan Sri Mulyani berhasil meningkatkan pendapatan negara melalui refromasi perpajakan. Reformasi dilakukan melalui perluasan layanan e-filling dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Selain itu, Sri Mulyani jga sempat mendapatkan penghargaan prestisius, yakni Best Minister award dari World Government Summit tahun lalu, sebagai penghargaan atas upayanya melakukan reformasi di kalangan perpajakan.

Nilai tambah lainnya, Sri Mulyani mempromosikan kesetaraan gender saat menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Nicke yang menduduki peringkat ke 25, dinilai mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Di bawah pimpinan Nicke, Forbes memandang kinerja keuangan Pertamina tahun lalu mampu membukukan pendapatan hampir 55 miliar dollar AS dan laba sekitar 2,5 miliar dollar AS.

Baca juga: Ini Deretan Miliarder Paling Dermawan Versi Majalah Forbes

Selain Sri Mulyani dan Nicke, sejumlah pemimpin wanita dari Perdana Menteri hingga eksekutif perusahaan mendapatkan tempat dalam daftar wanita paling kuat di dunia versi Forbes.

Di antaranya adalah Kanselir Jerman Angela Merkel yang menempati peringkat pertama, Gubernur Bank Sentral Eropa Christine Lagarde diperingkat kedua, dan Wakil Presiden AS Terpilih Kemala Harris di peringkat ketiga.

Selain itu ada pula Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin, dan Gubernur Tokyo Yuriko Koike.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X