Survei: Program BLT UMKM Mampu Membuat Kapasitas dan Kinerja UMKM Meningkat Signifikan

Kompas.com - 16/12/2020, 12:52 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank BRI bersama dengan BRI Microfinance dalam hasil surveinya mencatatkan bahwa program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro mampu membuat kapasitas dan kinerja UMKM meningkat secara signifikan.

Mengutip dari media sosial Instagram @kemenkopukm, Rabu (16/12/2020), dalam survei tersebut dinyatakan ada sebanyak 44,8 persen UMKM yang masih beroperasi, kapasitas dan kinerja usaha meningkat setelah memperoleh BLT tersebut.

Lalu ada sebanyak 51,5 persen UMKM yang usahanya tutup sementara namun bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan BLT.

Baca juga: Agar Koperasi dan UMKM Kuat di Tengah Pandemi, MenkopUKM Beberkan Strateginya

Secara umum sebagian UMKM menyatakan usaha mampu bertahan setelah memperoleh dana BLT.

Selain itu, dilihat dari kemudahan mengakses bantuan ini, ada sebanyak 95,9 persen UMKM yang mengaku syarat untuk memperoleh dana BLT Rp 2,4 juta ini mudah. Lalu, ada sebanyak 88,1 persen UMKM responden yang menyatakan waktu pencairannya pun cukup cepat.

Di samping itu, tercatat juga bahwa sebagian besar UMKM responden menggunakan dana BLT untuk keperluan produktif. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh kemampuan memperoleh keperluan usaha saat pandemi dinilai masih mudah bagi mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai tambahan, adapun survei ini dilakukan terhadap 3.043 nasabah pemilik atau penerima BLT yang tersebar di 20 provinsi utama sentra UMKM pada periode 5-23 November 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.