Mengenal Proses di Balik Keputusan Pekerja Mengundurkan Diri

Kompas.com - 16/12/2020, 19:14 WIB
Ilustrasi resign. SHUTTERSTOCKIlustrasi resign.

Oleh: Dr Rostiana, MSi, Psi dan Rena Kristanti, SPsi

BERDASARKAN data statistik diketahui bahwa jumlah angkatan kerja bulan Agustus 2019 bertambah sebanyak 2.55 juta orang sehingga berjumlah 133.56 juta orang dibandingkan Agustus 2018.

Menurut Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran di Indonesia mengalami penurunan dari sejak tahun 2015 hingga tahun 2019.

Pada Agustus 2019, tingkat pengangguran turun dibandingkan tahun sebelumnya dari 5,34 persen menjadi 5,28 persen. Itu berarti terdapat 5 orang pengangguran dari 100 orang angkatan kerja di Indonesia.

Di tengah tumbuhnya jumlah angkatan kerja ini, banyak pula yang menyebutkan bahwa di saat pandemi Covid-19 ini sulit mencari pekerjaan.

Sulitnya mencari pekerjaan dapat disebabkan oleh ketidaksesuaian antara posisi yang dilamar dengan latar belakang calon pekerja.

Ketidaksesuaian tersebut mungkin saja berasal banyak hal seperti latar belakang dan tingkat pendidikan, faktor keluarga, faktor lokasi tempat kerja dengan tempat tinggal, maupun faktor penghasilan.

Baca juga: Resign di Tengah Pandemi, Wim Jadi Tukang Sayur Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Kebijakan organisasi yang terimbas pandemi juga turut berpengaruh terhadap rendahnya peluang pencari kerja. Namun, uniknya di saat seperti ini ternyata banyak pula pekerja yang mengundurkan diri.

Dilansir dari Kontan.co.id, Selasa (11/8/2020), tingkat turnover pada industri asuransi jiwa cukup tinggi sehingga mereka terus mengupayakan rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan agen asuransi.

Selain industri asuransi, dikutip dari Career Business Leader Mercer Indonesia Astrid Suryapranata dari Kompas.com, Jumat (7/12/2020), industri yang berkaitan dengan high tech, financial service, dan consumer goods juga mengalami turnover yang tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X