Kompas.com - 21/12/2020, 16:03 WIB
Ilustrasi cabai merah DEAN PAHREVI/KOMPAS.comIlustrasi cabai merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga jelang akhir tahun. Tren kenaikan utamanya terjadi pada komoditas cabai dan bawang.

"Hampir semua komoditas per hari ini naik," ujar Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri kepada Kompas.com, Senin (21/12/2020).

Ia mengatakan, harga cabai merah besar di pasar kini berada di kisaran Rp 70.000 per kilogram. Padahal dua pekan lalu harga cabai merah besar hanya mencapai Rp 45.000 per kilogram.

 Baca juga: Harga Telur Ayam Terus Naik, Ini Penyebabnya

Begitu pula dengan jenis cabai merah keriting yang harganya naik menjadi Rp 65.000 per kilogram dari harga normalnya yang sebesar Rp 35.000 per kilogram.

"Cabai merah keriting per hari ini saja naiknya hampir Rp 2.000 per kilogram," kata dia.

Menurut Abdullah, kenaikan harga cabai di akhir tahun memanglah pola musiman karena tingginya permintaan. Di sisi lain, produksi menurun akibat curah hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah, sehingga petani pun enggan menanam cabai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, untuk bawang merah harganya saat ini Rp 33.000 per kilogram dari normalnya Rp 30.000 per kilogram. Sedangkan bawang putih berkisar Rp 28.500-Rp 29.300 per kilogram, dari harga standarnya sebesar Rp 27.000 per kilogram.

"Kalau lihat ritmenya bawang putih naiknya Rp 4.000-Rp 5.000 per kilogram, harusnya kan standar karena 95 persen bawang putih kan dari impor," kata dia.

 Baca juga: Luhut Berencana Bangun Kebun Herbal Seluas 500 Hektare di Danau Toba

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.