Sandiaga: Menurut Pak Luhut, 120 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Hadir pada Kuartal I 2021

Kompas.com - 28/12/2020, 06:41 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno Dok. KemenparekrafMenparekraf Sandiaga Uno

JAKARTA, KOMPAS,com - Pemerintah menyatakan, 120 juta dosis vaksin Covid-19 akan masuk ke Indonesia pada kuartal pertama tahun 2021.

Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020).

Menurut Sandiaga, pertemuannya dengan Luhut untuk mempersiapkan destinasi wisata super prioritas. Terlebih adanya dukungan kehadiran vaksin covid tersebut.

"Kita betul-betul siapkan destinasi super prioritas ini, karena vaksin menurut Pak Luhut segera akan hadir 120 juta (dosis) di kuartal pertama. Diharapkan, dengan program kita 2021 akan tercipta herd imunity," ujarnya melalui rekaman yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Airlangga: Anggaran untuk Vaksin Covid-19 Diperkirakan Hingga Rp 73 Triliun

Sandiaga mengatakan, dirinya fokus terhadap wisatawan nusantara. Sebab, sektor pariwisata ingin menyasar 55 juta wisatawan kelas menengah yang menjadi target pasar wisatawan nusantara.

Selain itu, dirinya juga akan melakukan lawatan ke Danau Toba, Sumatera Utara pada 30 Desember. Di sana, dirinya akan mempersiapkan sebelum kedatangan Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

"Pak Luhut sendiri akan berangkat ke Toba bersama dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok 12 Januari nanti. Oleh karena itu, kunjungan saya pada tanggal 30 Desember nanti akan mempersiapkan kunjungan beliau," kata dia.

Ia juga berupaya agar sampah-sampah yang ada di lokasi wisata bisa diolah menjadi energi dengan berkoordinasi dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Juga destinasi super prioritas yang lain Candi Borobudur, Labuan Bajo, terutama aspek keberlanjutannya bagaimana sampah ini bisa dikelola menjadi energi," ucapnya.

Kemudian, ia juga memastikan bahwa perhelatan kegiatan besar yang akan menarik para wisatawan tetap akan terlaksana. Semisal persiapan Moto GP di Mandalika, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Demi Gratiskan Vaksin, Sri Mulyani Anggarkan Duit APBN Rp 54,4 Triliun

"Persiapan di Mandalika, Moto GP yang diharapkan bahwa ke depan, memastikan calender of event tertata dengan baik," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X