Pesan Menteri PANRB kepada ASN di 2021: Keluar dari Zona Nyaman

Kompas.com - 01/01/2021, 10:41 WIB
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (31/12/2019). KOMPAS.com/ HARYANTI PUSPA SARIMenteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengajak para ASN untuk tetap semangat dan fokus dalam peningkatan kinerja di tahun 2021.

Kementerian PANRB, menurut Tjahjo, terus berusaha mewujudkan birokrasi yang dinamis dan berkelas dunia.

Sesuai visi Presiden Joko Widodo dalam pembangunan SDM dan penyederhanaan birokrasi, kecepatan melayani dan pemberian izin bagi pelaku usaha adalah hal yang utama.

Baca juga: Ingat! ASN yang Ketahuan ke Luar Kota Saat Libur Natal dan Tahun Baru Bakal Kena Sanksi

Untuk itu, ia meminta seluruh pegawai pemerintah di pusat dan daerah agar menghilangkan pola pikir linier, monoton, dan keluar dari zona nyaman dengan membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif.

"Tahun baru dengan semangat baru dalam pencapaian kinerja, meskipun di tengah pandemi Covid-19," ujar Tjahjo melalui keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Tjahjo menambahkan, tahun 2021 akan penuh tantangan sehingga ASN/pegawai pemerintah harus adaptif menyikapi perubahan, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menuju transformasi digital pemerintahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di masa mendatang, sistem pelayanan pemerintah secara digital dan virtual akan banyak mendominasi sistem kerja ASN dalam pelayanan publik yang bertujuan mengurangi pertemuan tatap muka untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat meningkatkan produktivitas ASN," ujar Tjahjo.

Baca juga: Kemenpan RB: ASN yang Terlanjur Memperoleh Cuti TIdak Dilarang, Hanya...

Dirinya selalu mengingatkan para ASN untuk tetap menjadi pelopor dan teladan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dia juga mengajak masyarakat untuk selalu optimis dan menjadikan momentum tahun baru 2021 untuk bersama bangkit mengatasi Covid-19 dan memulihkan ekonomi.

Di samping itu, lanjut Tjahjo, pemberian vaksin Covid-19 pada waktunya akan menjadi harapan baru bagi seluruh ASN dan masyarakat.

"Saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2021 bagi ASN di manapun bertugas dan keluarga serta masyarakat. Mari wujudkan semangat baru ASN dalam pelayanan publik dan kinerja pemerintah yang semakin kreatif, optimis dan produktif. Semoga seluruh ASN tetap sehat, dan kuat serta menjadi teladan penerapan protokol kesehatan yang benar," pungkas Tjahjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.