Kompas.com - 04/01/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi Bitcoin. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi Bitcoin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah harga Bitcoin (btc) kembali pecah rekor, tembus 33.000 dollar AS per btc atau sekitar Rp 457 juta (kurs Rp 13.865 per dollar AS), harga btc berpeluang kembali meroket di tahun 2021.

Business Development Managar Triv Jordan Simanjuntak mengatakan, penyebab kenaikan harga Bitcoin, karena investor besar yang kemungkinan sudah merealisasikan keuntungan, akan kembali masuk ke pasar Bitcoin.

"Menurut saya harga Bitcoin masih akan terus naik di tahun 2021, dan saya proyeksikan harga Bitcoin bisa mencapai 55.000 dollar AS per btc (Rp 762 juta)," ungkap Jordan kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Ingin Investasi Bitcoin? Pahami Risiko-risiko Berikut

Sebagai informasi sepanjang tahun 2020, harga bitcoin sudah mengalami kenaikan sebanyak tiga kali lipat. Kenaikan harga btc bahkan terjadi di tengah kejatuhan pasar saham karena pandemi Covid-19.

Menurut Jordan, kenaikn harga btc juga dupicu oleh kebijakn moneter The Fed yang terus menekan suku bunga tetal rendah hingga tahun 2023.

"Kebijakan The Fed tersebut membuat pelaku pasar banyak memilih Bitcoin untuk dijadikan tempat menaruh dana investasi. Pilihan investasi yang menarik jadi sedikit, saham masih naik, emas sudah turun trennya, dan keliatan para miliarder malah mengalihkan dana dari emas untuk masuk ke Bitcoin," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, ia berpendapat saat ini sudah mulai banyak institusi yang mulai masuk untuk berinvestasi Bitcoin. Dia bilang, bagi investor yang ingin berinveatasi btc, ada baiknya memulai dari sekarang dengan Dollar Cost Averaging atau beli secara teratur.

"Saran saya bagi investor yang ingin masuk masih sangat baik untuk masuk sekarang dengan membeli secara teratur daripada beli sekaligus banyak. Sebaliknya, investor yang ingin menjual juga harus disiplin pada target yang dia tentukan," tegas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.