Motivasi Kerja Hilang di Awal Tahun Baru? Cas Lagi dengan 6 Cara Ini

Kompas.com - 16/01/2021, 14:30 WIB
ilustrasi bekerja dari rumah iSTOCK/SHIRONOSOVilustrasi bekerja dari rumah

KOMPAS.com - Sama seperti cinta, motivasi kerja kerap datang dan pergi pada diri seseorang. Saat motivasi ini hilang, semangat kerja akan luntur.

Rasanya malas untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab kantor. Tidak ada gairah, sehingga berdampak pada produktivitasmu.

Motivasi kerja hilang, banyak sebabnya. Mungkin saja karena masih terbawa suasana libur panjang akhir tahun kemarin, atau kelamaan kerja di rumah atau Work From Home (WFH) di masa pandemi.

Kehilangan motivasi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Sebab akan mengganggu kinerjamu di kantor. Bahkan merusak karier yang sudah lama kamu bangun dari nol.

Kamu perlu mencari cara untuk mengatasinya. Meningkatkan kembali motivasi kerja agar kariermu lebih cemerlang.

Berikut tips meningkatkan lagi gairah dan motivasi kerja, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ingat kembali tujuanmu bekerja

Ketika motivasi kerja hilang, kamu akan menjadi kurang bersemangat bekerja. Berat sekali untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Saat itulah, coba ingat-ingat kembali tujuan kamu bekerja. Setiap orang, termasuk kamu pasti memiliki tujuan dalam bekerja.

Apakah untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama keluarga, membantu biaya sekolah adik, membiayai pengobatan orangtua, mewujudkan cita-cita, atau lainnya.

Jika kamu mengingat lagi tujuan tersebut, lalu tarik nafas dalam-dalam, dan ucapkan dalam hati “Saya pasti bisa,” maka semangat dan motivasi bekerjamu pasti akan muncul kembali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X