Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Airlangga: Perjuangan Melawan Pandemi Belum Berakhir...

Kompas.com - 26/01/2021, 12:37 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pada tahun 2021 ini Indonesia masih harus berjuang melawan pandemi.

Dia mengatakan, saat ini Indonesia masih harus mencari jalan keluar agar angka kasus Covid-19 yang terus meningkat dalam beberapa waktu belakangan bisa ditahan.

"Perjuangan melawan pandemi belum berakhir. Dan di 2021 pandemi masih bersama kita, dan tentu kita perlu untuk mencari jalan keluar agar pandemi ini bisa direm," ujar Airlangga dalam webinar Akselerasi Pemulihan Ekonomi yang diadakan secara virtual, Selasa (26/1/2021).

"Dan tentunya di dalam hal yang sama menyeimbangkan arahan Pak Presiden antara gas dan rem dan tentu perlu melihat dan terus membangkitkan semangat di sektor perekonomian," tambah dia.

Baca juga: Airlangga Harapkan Biden Ciptakan Ekonomi-Politik Dunia yang Harmonis

Airlangga pun memaparkan, sebagai upaya menekan angka penularan Covid-19, Indonesia merupakan salah satu negara di kawasan ASEAN yang melaksanakan program vaksinasi lebih awal.

Pada tahap awal, vaksinasi dilakukan untuk 1,37 juta tenaga kesehatan serta pekejra pelayanan publik. Saat ini, sudah ada 179.000 orang yang telah divaksinasi.

"Dan pemerintah sudah membuat jadwal di mana jadwal ini Bapak Presiden meminta ini diselesaikan Desember, sehingga ada percepatan terhadap 77 juta masyarakat yang rencana awal di bulan Januari-Maret tahun depan, ditarik ke depan," jelas Airlangga.

Untuk itu, ia juga mengingatkan masyarakat agar terus menjaga disiplin protokol kesehatan.

Masyarakat diminta untuk tetap disiplin mamakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sebagai upaya menurunkan angka penularan pandemi.

"Di lain pihak, untuk menekan fatality rate, tracing, testing, dan treatment, tetap harus dijalankan dan ini tentu harus diikuti dengan ketersediaan obat, dan kemudian SOP protokol yang baik yang sudah diperlakukan secara baik ditingkatkan," ujar Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga: Bakal Ada 2 Jenis Fund di LPI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com