Kompas.com - 05/02/2021, 15:28 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyetor Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 3,6 triliun sepanjang 2020. Angka itu naik signifikan dari setoran PNBP di 2019 yang sebesar Rp 720 miliar.

Selain itu, setoran PNBP tahun lalu tersebut tercatat mencapai 116 persen dari target yang ditetapkan Kementerian Keuangan.

"Kinerja LMAN 2020 dari sisi PNBP sampai dengan 31 Desember 2020 yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp 3,6 triliun atau 116 persen dari target," ungkap Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Siapkan Berkas, BPOM Buka Lowongan 8-12 Februari 2021

Sementara itu, jumlah aset kelolaan LMAN sepanjang 2020 mencakup 273 aset properti, 1 aset kawasan Ciperna, serta 2 aset kilang yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur dan Lhokseumawe, Aceh.

"Nilai total aset keseluruhan itu adalah Rp 29,3 triliun," imbuhnya.

Basuki menjelaskan, aset-aset yang dimiliki LMAN tak hanya dimanfaatkan untuk mendapat nilai ekonomi, tetapi juga secara sosial. Seperti meminjamkan aset di Loksemawe untuk membantu penanganan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, dengan kondisi pandemi yang menekan perekonomian, LMAN turut memberikan sejumlah relaksasi kepada para mitranya, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya memberikan penundaan pembayaran sewa hingga 6 bulan.

"Di 2020 aset-aset LMAN banyak juga digunakan untuk mendukung kegiatan yang bernilai sosial dan ekonomi," kata dia.

Basuki menambahkan, ke depan Badan Layanan Umum (BLU) yang bertugas mengoptimalkan aset milik pemerintah itu bakal mendorong aset kelolaan ke arah konsep green building atau pemanfaatan bangunan yang ramah lingkungan.

"Aset-aset kelolaan LMAN ke depan akan mengarah ke konsep pemanfaatan gedung bangunan yang memperhatikan lingkungan," pungkasnya.

Baca juga: Pada Saat Raksasa Migas Dunia Merugi, Pertamina Cetak Laba Rp 14 Triliun, Kok Bisa?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.