Tips Mengatur Keuangan untuk Remaja

Kompas.com - 10/02/2021, 21:12 WIB
Ilustrasi remaja ISTOCKPHOTO/FERLISTOCKPHOTOIlustrasi remaja

Oleh: Meike Kurniawati SPsi, MM

MASA remaja di dalam psikologi diartikan sebagai masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa di mana seseorang mulai belajar banyak hal untuk mempersiapkan diri menjadi dewasa. Salah satu ketrampilan yang harus mulai dipelajari remaja adalah bagaimana mengatur keuangan.

Mengapa remaja perlu belajar mengatur uang? Dikutip dari beberapa sumber, remaja perlu belajar mengatur uang agar kelak terbiasa menabung, pandai mengatur keuangan ketika kelak berumah tangga, memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik, melindungi diri dari kejadian darurat/tidak terduga, menjadi pribadi yang mandiri, dan lain-lain.

Berbicara soal mengelola keuangan memang tidak mudah, apalagi untuk usia remaja. Pasalnya di tahap ini, masih banyak remaja yang masih kurang paham pentingnya mengatur keuangan, kurangnya pemahaman orangtua mengenai pentingnya mengajarkan keuangan pada anak, serta rendahnya peran sekolah dalam membantu remaja memahami bagaimana cara mengelola keuangan.

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Orang dewasa saja masih banyak yang tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Keuangan bagi Wanita Karier

Seperti kejadian seorang karyawan bergaji Rp 80 juta per bulan, dalam hitungan bulan setelah terkena PHK mengalami "kebangkrutan" karena gagal membayar cicilan yang bertumpuk. Apalagi remaja, yang masih labil, mencari jati diri, kurang pengetahuan dan pengalaman.

Namun, tentunya itu bukanlah alasan untuk kemudian membuat remaja tidak belajar mengatur keuangan.

Berikut ini beberapa tips sederhana tentang bagaimana remaja dapat mengatur keuangannya.

1. Biasakan membuat catatan keuangan

Biasakan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Meskipun tampak sederhana dan sepele, membiasakan diri tertib membuat catatan keuangan dapat sangat membantu kita mengetahui berapa banyak uang yang kita belanjakan, apa saja yang dibeli, pos pembelanjaan mana yang terlalu besar, dll. Sehingga berikutnya kita dapat melakukan evaluasi penghematan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X