2020, Tokopedia Catat Penjualan Kategori Kecantikan Naik Hingga 2 Kali Lipat

Kompas.com - 01/03/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi E-commerce SHUTTERSTOCKIlustrasi E-commerce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi penjualan untuk kategori kecantikan yang naik hingga 2 kali lipat menjelang akhir tahun 2020.

AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap mengatakan kenaikan itu terkat dengan naiknya kesadaran masyarakat untuk kembali merawat penampilan.

"Di Tokopedia sendiri penjualan kategori kecantikan meningkat hingga 2 kali lipat," ujarnya dalam Virtual Media Briefing, Senin (1/3/2021).

Baca juga: Penukaran Uang Asing lewat Bank Mandiri Tembus 168 Juta Dollar AS

Dia mengakui, di awal-awal pandemi mewabah, animo masyarakat untuk produk kecantikan terbilang rendah. Sebab, saat itu, masyarakat lebih peduli atau lebih aware akan produk-produk kesehatan, ketimbang produk kecantikan.

Dia menyebutkan, produk-produk kecantikan yang banyak dibeli dan diincar masyarakat adalah cleanser, paket perawatan wajah, serum, masker wajah, hingga krim wajah.

Tak hanya itu, untuk produk pada kategori Health & Personal Care, Tokopedia juga mengalami transaksi penjualan yang meningkat signifikan. Tercatat ada hampir 3 kali lipat peningkatan pembelian produk untuk kategori ini.

"Mulai dari sabun, shampoo itu juga ikut meningkat hingga 3 kali lipat di akhir tahun," ucapnya.

Baca juga: Kemenperin: Mobil Gunakan 70 Persen Komponen Dalam Negeri Dapat Pembebasan PPnBM

Dia menambahkan, melihat adanya tren peningkatan ini, Tokopedia pun kembali menyelenggarakan kampanye Tokopedia Beauty Dealight.

Dia menjelaskan, melalui program kampanye ini, para pecinta kosmetik atau masyarakat yang ingin merawat mukanya, bisa berbelanja kebutuhannya dengan harga yang bervariasi dan murah. "Sebab kami memberikan beragam promo, seperti flash sale 3 kali sehari, diskon hingga 80 persen dan bebas ongkir," ucapnya.

Dia juga berharap melalui program ini para seller Tokopedia khususnya para UMKM lokal yang memiliki brand atau produk kecantikan, bisa membangkitkan penjualannya kembali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X