KILAS

Penuhi Kebutuhan Hidup, UMKM Fashion Wanita Ini Pasarkan Produk Lewat Jualan Online

Kompas.com - 20/03/2021, 15:22 WIB
Suasana karyawan sedang packing di gudang Belle Fashion. DOK. ShopeeSuasana karyawan sedang packing di gudang Belle Fashion.

 

KOMPAS.com – Memulai dan mempertahankan bisnis bukan perkara mudah, terutama untuk bisnis offline. Sebab, sebagian masyarakat saat ini cenderung memilih belanja secara online.

Tak sedikit bisnis offline yang harus rela menutup lapak karena kesulitan mendapat pelanggan. Salah satunya adalah Andre dan Abdilah, pemilik toko pakaian wanita Belle Fashion yang dirintis sejak 2005.

Pada 2014, kakak – beradik ini berkesempatan untuk membuka toko di Tanah Abang. Namun, dua tahun berjalan, bisnis fashion yang mereka rintis selama 16 tahun harus gulung tikar.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Andre dan Abdilah harus memutar otak. Sampai akhirnya, mereka memutuskan untuk menjual produknya secara online di Shopee pada 2017.

Baca juga: 6 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Jualan online dipilih keduanya setelah mendengar dari beberapa teman bahwa masyarakat mulai mencari produk-produk fashion lewat marketplace berlogo oranye tersebut.

Belle Fashion menjual berbagai produk di Shopee berupa pakaian wanita, seperti kaos, kemeja, outerwear, dan rok.

Meski banyak orang tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19, Belle Fashion tetap memfokuskan penjualan dan pemasarannya di Shopee.

Kegigihan usaha mereka pun membuahkan hasil. Terbukti, penjualan Belle Fashion meningkat dua kali lipat saat pandemi dibandingkan dengan sebelumnya.

Baca juga: Cara Bisnis Fashion Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Selama bergabung di Shopee, Andre dan Abdilah mengaku, penjualan tokonya meningkat secara signifikan. Sebab, pelanggan Belle Fashion kini tidak hanya di lingkup wilayahnya, tetapi sudah menjangkau daerah yang lebih luas.

Sebelumnya, Belle Fashion hanya fokus di channel penjualan offline sehingga hanya dapat menjangkau konsumen di daerah perkotaan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X