Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Kompas.com - 27/03/2021, 06:26 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Margin adalah salah satu istilah dalam bisnis yang sudah sangat familiar. Selain margin, dalam operasional bisnis, dikenal pula omzet, profit, dan laba. Lalu apa itu margin?

Arti margin yakni persentase keuntungan dari produk atau jasa yang dijual. Margin adalah dihitung dengan membagi keuntungan dengan modal, lalu dibagi dengan 100 persen (margin = keuntungan : modal x 100 persen).

Namun seringkali pengertian margin lebih sederhana tanpa persentase, yakni berupa keuntungan alias selisih antara harga jual barang dengan modal yang dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli barang tersebut.

Baca juga: Apa Itu UMKM: Pengertian, Kriteria, dan Contohnya

Jika seorang pedagang kulakan barang seharga Rp 100.000 dan menjualnya kembali seharga Rp 150.000, maka margin adalah sebesar Rp 50.000 atau sebesar 50 persen jika menggunakan persentase.

Dalam pembukuan akuntansi yang merujuk pada PSAK(Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), nama lain margin adalah profit yakni selisih antara penjualan (sales) dengan biaya yang dikeluarkan (cost).

Margin sendiri sangat penting dalam strategi perusahaan. Manajemen perusahaan lazimnya akan menetapkan margin dengan beberapa pertimbangan yang nantinya akan menentukan bagaimana barang itu dijual, bagaimana dipasarkan, berapa harganya, berapa banyak yang akan diproduksi, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Ekuitas: Pengertian, Jenis, Perhitungan, dan Contohnya

Sebagai contoh penetapan margin adalah sangat berkaitan dengan harga dan volume produksi. Sebuah perusahaan yang memilih untuk memperkecil margin biasanya cenderung untuk memproduksi barang lebih banyak dan harga lebih murah.

Ini karena perusahaan memilih untuk meningkatkan keuntungan atau margin adalah dari kenaikan penjualan, di mana penjualan akan meningkat saat harga barang diturunkan daripada memilih menaikan margin namun harga barang menjadi lebih mahal.

Baca juga: Pengertian Deposito, Tingkat Bunga, Keuntungan, dan Kelemahannya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com