IHSG Awal Sesi Fluktuatif, Rupiah Naik Tipis

Kompas.com - 19/04/2021, 09:46 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKaryawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini (19/4/2021), di Bursa Efek Indonesia (BEI) bergerak fluktuatif.

Mengutip dari RTI, saat dibuka, IHSG berada di zona merah, sempat menguat, namun pukul 09.15 WIB kembali melemah ke level 6.076,21 atau turun 0,17 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada 6.086,56.

Nilai total transaksi yang diperdagangkan sementara ini sebesar Rp 1.263 triliun dari 2,79 miliar lembar saham yang diperjualbelikan. Terdapat 196 saham yang menguat, 156 saham melemah, dan 174 di posisi stagnan.

Baca juga: Grab Caplok 4 Persen Saham Emtek, OVO dan DANA Bakal Merger?

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG saat ini terlihat masih bergerak dalam rentang yang cukup terbatas. Selama belum mampu menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik IHSG masih terlihat memiliki peluang untuk kembali terkoreksi.

"Sedangkan sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah dan harga komoditas akan turut membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini, IHSG disinyalir masih akan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar," kata dia dalam rekomendasinya.

Menurut dia, pergerakan IHSG hari ini bakal berada rentang level 5.960-6.123.

Sementara nilai tukar rupiah di pasar spot terhadap mata uang dollar Amerika Serikat (AS) alami penguatan.

Dikutip dari data Bloomberg, pukul 09.38 WIN rupiah naik tipis 0,04 persen ke Rp 14.559 per dollar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya pada Rp 14.565 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Awal Pekan Diprediksi Konsolidasi, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X