IHSG Awal Pekan Diprediksi Konsolidasi, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 19/04/2021, 08:01 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) awal pekan ini diperkirakan bergerak konsolidasi. Jumat (16/4/2021), IHSG ditutup menguat 0,11 persen pada level 6.086.56.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG saat ini terlihat masih bergerak dalam rentang yang cukup terbatas. Selama belum mampu menggeser rentang konsolidasi ke arah yang lebih baik IHSG masih terlihat memiliki peluang untuk kembali terkoreksi.

"Sedangkan sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah dan harga komoditas akan turut membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini, IHSG disinyalir masih akan bergerak dalam rentang konsolidasi wajar," kata dia dalam rekomendasinya.

Baca juga: BRI Pamit dari Aceh, Ini Prospek Saham BBRI dan BRIS

Menurut dia, pergerakan IHSG hari ini bakal berada rentang level 5.960-6.123.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama, juga memprediksikan hal yang sama. Sehingga indeks saham hari ini bergerak di kisaran level 6.027.60 hingga 6.167.72.

Berdasarkan indikator, moving average convergence divergence (MACD) telah berhasil membentuk pola golden cross di area negatif.

"Sementara itu, stochastic dan RSI (Indeks Kekuatan Relatif) masih berada di area netral. Meskipun demikian, terlihat pola bearish pin bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG," jelas Nafan.

Sementara itu, Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee menyebutkan, IHSG membentuk candle dengan body turun dan shadow di atas dan bawah indikasi konsolidasi. Dengan demikian, IHSG berpeluang konsolidasi menguat terbatas dengan support di level 6.062 sampai 6.000 dan resistance di level 6.115 sampai 6.200.

Baca juga: Grab Caplok 4 Persen Saham Emtek, OVO dan DANA Bakal Merger?

Berikut rekomendasi saham hari ini:

1. Binaartha Sekuritas
AKRA
Akumulasi pada level area 3.110-3.130, dengan target harga secara bertahap di level 3.290, 3.420, 3.600, 4.010 dan 4.420, level support 3.090 dan 2.970.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X