7 Raja Properti Paling Tajir di Indonesia

Kompas.com - 26/04/2021, 12:34 WIB
Warga penghuni berjalan menikmati botanic park di kawasan Nava Park BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (8/4/2021). Taman bermain seluas 10 hektar yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Hongkong Land menjadi Botanic Park terbesar yang ada di Provinsi Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa. MUHAMMAD IQBALWarga penghuni berjalan menikmati botanic park di kawasan Nava Park BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (8/4/2021). Taman bermain seluas 10 hektar yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Hongkong Land menjadi Botanic Park terbesar yang ada di Provinsi Banten. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak sekali jumlah perusahaan properti di Indonesia. Namun hanya segelintir saja yang beraset triliunan. 

Nah para pemilik perusahaan-perusahaan properti beraset jumbo tersebut juga tercatat masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia. Sebagian merupakan perusahaan warisan keluarga, sebagian lagi merupakan perusahaan yang dirintis mulai dari nol.

Berikut ini daftar 7 raja properti paling tajir di Indonesia sebagaimana dirangkum dari Majalah Forbes, Senin (26/4/2021).

1. Keluarga Widjaya

Siapa tak kenal dengan Sinar Mas. Kenglomerasi bisnisnya merambah di berbagai sektor antara lain perkebunan kelapa sawit, kertas, perbankan, telekomunikasi, hingga properti.

Baca juga: Daftar 11 Orang Kaya Pemilik Bank Swasta Besar di Indonesia

Versi Forbes, Keluarga Widjaja adalah keluarga konglomerat terkaya di Indonesia di urutan kedua. Nilai kekayaan keluarga mendiang Eka Tjipta Widjaja ini pada tahun 2020 mencapai 11,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 173,32 triliun (kurs Rp 14.500).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019 ini meninggalkan warisan ratusan perusahaan untuk anak cucunya.

Lini bisnis properti Grup Sinar Mas digarap oleh PT Duta Pertiwi Tbk atau yang lebih dikenal dengan Sinarmas Land. Perusahaan ini merupakan pengembang kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Kota Tangerang Selatan.

Selain di BSD, perusahaan ini juga mengembangkan berbagai proyek properti di daerah lain seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, Depok, Bekasi, Batam, Balikpapan, hingga ke China.

Baca juga: Daftar Lengkap 20 Orang Terkaya di Indonesia 2021

2. Mochtar Riady

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X