Viral Uang 1.0, Ini Kata Perum Peruri

Kompas.com - 10/05/2021, 13:18 WIB
Di TikTok, viral video soal uang Rp 1.0. Kata Peruri, itu uang specimen alias uang contoh. TikTokDi TikTok, viral video soal uang Rp 1.0. Kata Peruri, itu uang specimen alias uang contoh.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan uang pecahan 1.0 tengah ramai beredar di media sosial.

Video yang memperlihatkan uang 1.0 dengan memiliki tulisan Perum Peruri Specimen terletak di sudut atas uang kertas tersebut itu diuanggah oleh akun pengguna TikTok @PuspoTV.

Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) melalui akun resmi Instagram-nya menyatakan, uang tersebut merupakan uang contoh atau uang spesimen yang biasa disebut House Note.

“(Uang spesimen) bertujuan untuk mempromosikan kemampuannya dalam mencetak uang dalam mencetak uang menggunakan teknologi security features tertentu,” tulis akun @peruri.indonesia, dilansir Senin (10/5/2021).

Baca juga: Telkomsel Suntik Dana Rp 4,2 Triliun ke Gojek

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Perum Percetakan Uang RI (@peruri.indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi juga menjelaskan, uang kertas pecahan 1.0 dalam video tersebut adalah uang specimen.

“Uang specimen adalah uang contoh, yang tidak sah untuk alat pembayaran,” kata Adi, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/5/2021).

Peruri menegaskan, uang spesimen bukan lah alat pembayaran yang sah, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Mata Uang No. 7 Tahun 2011 disebutkan bahwa uang NKRI adalah Rupiah dengan memiliki ciri paling sedikit memuat :

1. Gambar lambang negara "Garuda Pancasila"

2. Frasa "Negara Kesatuan Republik Indonesia"

3. Sebutan pecahan dalam angka dan huruf sebagai nilai nominalnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X