Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penutupan Outlet, BNI Pastikan Tidak Akan Ada PHK

Kompas.com - 12/05/2021, 16:38 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  atau BNI berencana menutup maupun relokasi 96 outletnya tahun ini.

Kendati demikian, Corporate Secretary BNI Mucharom menegaskan, tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi karyawan BNI yang akan terdampak penutupan maupun relokasi outlet.

"Terkait dengan karyawan, kami pastikan tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK)," kata Mucharom dalam siaran pers, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: BNI Tutup 96 Outlet karena Orang Makin Jarang ke Bank, Ini Buktinya

Mucharom menuturkan, penutupan maupun penyesuaian outlet merupakan bagian dari peralihan layanan di kantor cabang menjadi digital. Karena itu, perseroan perlu melakukan pemetaan ulang jaringan kantor cabang yang dimiliki.

Adapun penyesuaian jaringan kantor cabang bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menggabungkan kantor cabang pembantu atau outlet payment point yang berdekatan.

"Penataan ulang tersebut akan menjadi dasar bagi kami dalam menetapkan strategi bisnis kami, termasuk dalam penetapan layanan outlet," ungkap dia.

Mucharom mengungkapkan, penataan ulang yang dilakukan BNI termasuk mengkonversi outlet konvensional menjadi syariah, seperti yang dilakukannya di Aceh.

Asal tahu saja, BNI mengkonversi 7 outletnya di Aceh, menindaklanjuti kebijakan pemerintah setempat.

"Intinya kebutuhan nasabah dapat dilayani dengan kapabilitas digital BNI yang semakin baik," pungkasnya.

Baca juga: Cara Buka Rekening BNI Online, Tanpa ke Kantor Cabang

Sebelumnya, rencana penutupan outlet diungkapkan oleh Direktur Layanan dan Jaringan BNI, Ronny Venir. Ronny menjelaskan, penutupan outlet dilakukan karena transaksi perbankan sudah berubah/shifting ke layanan digital.

Perubahan pola transaksi masyarakat terlihat dari makin sedikitnya nasabah yang mengunjungi kantor cabang. Dia menyebut, hampir 80 persen dari volume transaksi nasabah BNI dilakukan secara digital melalui infrastruktur yang disiapkan perseroan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com