KILAS

Mentan Berharap Bantuan Alsintan Bisa Tingkatkan Produktivitas dan Pendapatan Petani

Kompas.com - 21/05/2021, 12:45 WIB
Petani tengah mengoperasikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI). Dok. Humas Kementerian PertanianPetani tengah mengoperasikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, alat mesin pertanian (alsintan) akan membantu meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani.

“Kami memberikan bantuan alsintan kepada petani yang berkontribusi positif terhadap peningkatan hasil pertanian untuk bangsa ini," kata Syahrul, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima pada Jumat (21/5/2021).

Menurutnya, alsintan akan bermanfaat untuk mempercepat proses pengolahan tanah, masa tanam, dan masa panen.

Mentan optimis, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) dapat memberikan nilai tambah bagi petani yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan.

Baca juga: Petani di 2 Desa Berebut Jatah Air Waduk Sumengko, Ini Saran Anggota DPRD Gresik

Senada, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil mengatakan, alsintan dapat membantu petani menghemat waktu, tenaga, dan biaya produksi pertanian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebut saja, misalnya, pada saat masa musim tanam. Dengan alsintan, mengolah sawah yang tadinya membutuhkan waktu lima sampai enam hari untuk luas lahan satu hektar, kini hanya hitungan jam saja,” ungkapnya.

Ali Jamil menyatakan, pemberian bantuan alsintan kepada petani memiliki tujuan untuk memudahkan kinerja para petani di lapangan.

“Kami juga terus memodernisasi alat-alat pertanian, agar pertanian kita semakin maju, mandiri, dan modern," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Kerugian Saat Gagal Panen, Mentan Minta Petani Ikut AUTP

Menurut Dirjen PSP Kementan, alsintan merupakan ciri bahwa pertanian Indonesia tengah bergerak maju ke arah yang lebih modern.

“Modernisasi pertanian ditandai dengan penggunaan alat-alat mesin pertanian (dan juga) ditandai dengan mekanisasi,” tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.