Restrukturisasi, Anak Usaha Pertamina Tinggal 12

Kompas.com - 21/05/2021, 12:06 WIB
Direktur Umum (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (DOK. Pertamina) Direktur Umum (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina telah memangkas 115 anak usaha sejak melakukan restrukturisasi pada Juli 2020. Dari jumlah awal sebanyak 127 anak perusahaan, kini hanya tersisa 12 anak usaha.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, dengan perampingan anak usaha yang dikelola maka penyusunan strategi pengembangan lebih mudah dilakukan.

"Dengan struktur baru ada 12 anak usaha yang dikelola, jadi streamlining lebih mudah dikelola dan susun rencana strategis," jelas Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Pertamina soal Hadiah Perayaan 40 Tahun: Itu Hoaks!

Selain memangkas jumlah anak usaha sebut Nicke, Pertamina juga melakukan penyederhanaan direktorat. Dari yang sebelumnya jumlah direktorat mencapai 11 kini hanya tersisa 5 direktorat dan dua fungsi terintegrasi.

Nicke memastikan dengan jumlah direksi di holding yang hanya sebanyak 6 orang maka pelaksanaan organisasi dapat lebih terfokus. Selain itu, pengambilan keputusan diklaim dapat lebih cepat dan efisien untuk dilakukan.

"Karena operasional turunkan ke subholding, holding lebih fokus bagaimana kami kembangkan bisnis ke depan karena transisi energi ini tidak bisa tunggu lagi," kata Nicke.

Baca juga: Pertamina soal Hadiah Perayaan 40 Tahun: Itu Hoaks!

Secara khusus, Nicke memastikan dalam kurun 2020-2024 ada kebutuhan investasi untuk sejumlah proyek di Pertamina mencapai US$ 92 miliar.

Direncanakan minimal US$ 40 miliar bisa bersumber dari pendanaan eksternal baik partnership, refinancing project maupun Sovereign Wealth Fund (SWF). (Filemon Agung)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Restrukturisasi, Pertamina sudah pangkas 115 anak usaha

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.