KILAS

Realisasikan Janji Presiden Jokowi, Kementan Salurkan Bantuan Hand Tractor ke Sumba Tengah

Kompas.com - 15/05/2021, 14:17 WIB
Penggunaan hand tractor untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian. DOK. Humas Kementerian PertanianPenggunaan hand tractor untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian.

KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy berharap bantuan 30 hand tractor untuk petani di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efektif dan efisien.

"Dengan bantuan hand tractor ini, petani bisa mengolah lahan secara mandiri selama beberapa jam. Sebab, mengolah lahan cara lama akan membutuhkan waktu beberapa hari dengan melibatkan sejumlah orang," katanya, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Sabtu (15/5/2021).

Sarwo berharap, bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tersebut dapat mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern serta dimanfaatkan guna memaksimalkan program food estate di Sumba Tengah.

Baca juga: Dapat Bantuan Alsintan dari Kementan, Ketua Kelompok Tani di Lampung Tengah: Alhamdulillah

Senada dengan Sarwo, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap, produktivitas pertanian bisa digenjot dengan memanfaatkan alsintan.

"Alsintan akan mendukung petani untuk meningkatkan produktivitas. Sebab dengan alsintan, losses (kerugian) bisa ditekan," tuturnya, Sabtu.

Realisasi dari janji Presiden Jokowi

Sementara itu, Bupati Sumba Tengah Paul Kira Limu mengatakan, bantuan 30 unit hand tractor yang diberikan merupakan realisasi janji dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke wilayahnya pada Selasa (23/2/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Iya benar, 30 unit hand tractor merek Quick Kubota bantuan Presiden Jokowi telah kami terima pada Selasa (11/5/2021). Atas nama masyarakat Sumba Tengah, saya apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi yang begitu peduli terhadap kami,” ucap Paul.

Dengan bertambahnya hand tractor ini, lanjut Paul, maka total keseluruhan bantuan yang berada di Sumba Tengah sudah ada sekitar 110 unit.

Baca juga: Saat Jokowi Terobos Hujan Seorang Diri Meninjau Sawah di Sumba Tengah

“Sebanyak 30 hand tractor tersebut akan diberikan lagi kepada para kelompok tani (poktan) di Sumba Tengah. Hal ini untuk membantu para petani dalam mengolah lahan pertaniannya,” katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya Kabupaten Sumba Tengah telah mendapat bantuan berupa 80 unit hand tractor dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melalui Dirjen PSP pada 2020.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.