Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Luncurkan Layanan Internet, Namanya Iconnet

Kompas.com - 01/06/2021, 13:17 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN melalui anak usahanya, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) meluncurkan layanan fixed broadband internet.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengatakan, layanan internet dengan nama Iconnet ini dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile. Dia optimistis, layanan baru tersebut dapat bersaing dengan kompetitor lain di pasar.

"Dengan sinergi antar anak perusahaan PLN, PLN yakin akan mewujudkan cita-cita yang mulia ini melalui Iconnet, layanan Internet yang reliable (andal), affordable (terjangkau), unlimited (tanpa batas), tentunya siap bersaing dengan kompetitor atau penyedia layanan internet lainnya,” kata Zulkifli dalam siaran pers, Selasa (1/6/2021).

Baca juga: Rasio Beban Utang Turun, PLN Bukukan Laba Bersih Rp 5,99 Triliun

Zulkifli menjelaskan, Iconnet merupakan salah satu cara PLN bertransformasi. Mengingat data pengguna fixed broadband internet di Indonesia meningkat dari 12 persen menjadi 15 persen pada tahun 2020, PLN merasa dapat berkontribusi di layanan internet fiber optik.

Terutama kata Zulkifli, untuk menjangkau kebutuhan masyarakat di era digital serta era adaptasi kebiasaan baru (new normal).

"Mari kita capai setiap keberhasilan dengan tekad yang kuat dan semangat yang membara, agar kelak hasil dari transformasi ini dapat dirasakan oleh berbagai pihak," beber Zulkifli.

Dia menyadari bahwa menjalankan usaha penyediaan layanan internet membutuhkan upaya yang tidak mudah. Namun tantangan itu rencananya akan diselesaikan melalui sinergi PLN Group.

Baca juga: Surge Bangun Jaringan Fiber Optik Tahap Pertama Pulau Jawa Sepanjang 2.800 Km

“Jadi PLN membangun jaringan listrik hingga ke seluruh pelosok negeri yang akan kami ekspansi dengan jaringan internet. Ke depan, tentunya dimana ada listrik, disitu ada Iconnet,” jelas Zulkifli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com