Sri Mulyani: Agar Berdampak Positif ke Perekonomian, Vaksinasi Harus Capai 1 Juta Dosis Per Hari

Kompas.com - 02/06/2021, 13:30 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani KOMPAS.COM/SLAMET PRIYATINMenteri Keuangan, Sri Mulyani

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai proses pemberian vaksinasi menjadi salah satu elemen pendorong dalam pertumbuhan ekonomi.

Dia menyebutkan, apabila vaksinasi bisa berjalan lancar dan cepat, akan menjadi pendorong dan memberikan dampak yang positif pada pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2022.

"Realistis, pertumbuhan ekonomi tahun 2022 akan dipengaruhi oleh vaksinasi dan Covid itu sendiri. Kalau vaksinasi tidak terkejar, berarti akan terjadi dampak, ini elemen yang menentukan juga (terhadap pertumbuhan ekonomi)," ujarnya dalam rapat kerja dengan  Komisi XI DPR secsra virtual, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Program Vaksinasi Covid-19 RI Peringkat Ke-11 Dunia

Sri Mulyani menyebutkan sejauh ini total vaksinasi harian yang sudah disalurkan sebanyak lebih dari 300.000 per hari.

"Lalu kalau total dosis yang sudah diberikan ada sebanyak 26,89 juta. Kalau secara global, vaksinasi yang kita berikan menempatkan kita di posisi peringkat 11," katanya.

Angka ini pun, kata dia, menunjukkan adanya peningkatan jika dibandingkan sebelum Lebaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau demikian, agar vaksinasi memberikan dampak yang positif pada pertumbuhan ekonomi, jumlah vaksinasi yang harus disalurkan harus mencapai 1 juta vaksin per hari.

Baca juga: 5 Fakta Vaksinasi Gotong Royong, dari Harga hingga Cara Mendaftarnya

"Vaksinasi kita belum mencapai 500.000 hingga 1 juta per hari. Kalau vaksinasi kita 1 juta per hari itu untuk mencapai herd imunity pada kuartal I di tahun depan," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.