Kuota 44.000, Ini Kriteria Pendaftar yang Tak Lolos Kartu Prakerja

Kompas.com - 06/06/2021, 11:59 WIB
Gelombang 17 Kartu Prakerja dibuka Sabtu (5/6/2021) pukul 12.00 WIB. Kartu Prakerja atau Prakerja Gelombang 17 resmi dibuka sejak kemarin. Berikut syarat dan cara daftar Prakerja Gelombang 17. Instagram: prakerja.go.idGelombang 17 Kartu Prakerja dibuka Sabtu (5/6/2021) pukul 12.00 WIB. Kartu Prakerja atau Prakerja Gelombang 17 resmi dibuka sejak kemarin. Berikut syarat dan cara daftar Prakerja Gelombang 17.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah membuka pendaftaran untuk gelombang 17 pada Sabtu (5/6/2021).

Jumlah kuota yang disediakan adalah sebanyak 44.000. Jumlah kuota yang cenderung lebih sedikit dibanding gelombang pendaftaran sebelumnya karena pembukaan pendaftaran gelombang 17 hanya untuk memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12 hingga 16 yang lalu.

"(Kuota) sekitar 44.000 karena hanya memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12-16," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

Namun demikian, ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, ia tak mengungkapkan hingga kapan waktu pendaftaran Prakerja gelombang 17 bakal dibuka.

Baca juga: Segera Daftar, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Sudah Dibuka Siang Ini

Ia hanya mengatakan batas waktu pendaftaran akan segera diberitahukan melalui laman instagram Program Kartu Prakerja @prakerja.go.id.

"Penutupan gelombang 17 akan segera kami umumkan melalui IG (instagram) Kartu Prakerja ya," ujar Louisa kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setiap orang yang belum berhasil atau lolos bisa kembali mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja gelombang 17 kali ini.

Namun demikian, terdapat beberapa kreiteria yang sudah pasti tidak akan lolos dalam pendaftaran Kartu Prakerja.

Kriteria pendaftar yang dipastikan tak lolos pendaftaran Prakerja gelombang 17 yakni:

  • Pendaftar yang suda pernah lolos di gelombang sebelumnya
  • Pendaftar yang masih aktif sekolah atau kuliah
  • Pendaftar yang sudah pernah menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk lain dari kementerian atau lembaga terkait
  • Berstatus sebagai anggota TNI atau Polri, anggota DPR atau DPRD, direksi atau komisaris dewan pengawas BUMN atau BUMD, PNS, serta perangkat desa

Baca juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17 Hari Ini, Login di prakerja.go.id

Cara Daftar Kartu Prakerja 2021

Untuk mendaftar program Kartu Prakerja 2021, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Bila sudah mendaftar dan lolos sebagai penerima manfaat, maka setiap peserta akan menerima insentif sebesar Rp 3,55 juta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X