30 Juta Pelaku UMKM Ditargetkan Masuk Digital di Tahun 2030, Ini Strategi Kemenkop UKM

Kompas.com - 11/06/2021, 08:15 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tengah melihat-lihat produk UMKM. Dok HUMAS KEMENKOPUKMMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki tengah melihat-lihat produk UMKM.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rapat terbatas, Kamis (11/6/2021), Presiden Joko Widodo menginstruksikan percepatan digitalisasi UMKM, mengingat potensi ekonomi digital saat ini sangat besar.

Adapun target percepatan digitalisasi UMKM yakni 30 juta UMKM masuk digital di tahun 2030.

Terkait hal tersebut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan perlu upaya dan strategi yang proaktif untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca juga: Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Manfaatkan e-Commerce di 2024

Salah satunya adalah dengan melakukan jemput bola, hingga pendampingan UMKM sampai onboarding di e-commerce.

"Strategi untuk mewujudkan target tersebut dengan proaktif jemput bolam, melakukan pendampingan, kurasi produk, SDM-nya, pembiayaan, sampai mereka bisa onboarding di e-commerce,” ujar Teten, melalui siaran pers, Jumat (11/6/2021).

Teten juga menyampaikan, nantinya akan dibentuk program project management officer (PMO) lintas sektoral atau lintas kementerian. PMO ini diharapkan nantinya akan mengonsolidasikan proses digitalisasi tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teten mengungkapkan, berdasarkan data dari Indonesian E-Commerce Association (idEA) terdapat 13,7 juta pelaku UMKM Indonesia yang sudah tergabung ke dalam ekosistem digital hingga Mei 2021 atau sekitar 21 persen.

Baca juga: Program PEN, Jamkrindo Lakukan Penjaminan Kredit UMKM Rp 6,5 Triliun

“Saat ini, berdasarkan data idEA per Mei 2021 itu sudah mencapai 13,7 juta UMKM yang onboarding di ekosistem digital atau sekitar 21 persen,” tambah dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X