[KURASI KOMPASIANA] Belajar Matematika Itu Menyenangkan, Bisa Dipelajari lewat Seloyang Pizza

Kompas.com - 20/06/2021, 09:09 WIB
Ilustrasi matematika DOK. PIXABAYIlustrasi matematika

KOMPASIANA---Jika ditanya pelajaran apa yang paling sulit untuk dikuasai dan dipelajari, bisa jadi nama matematika akan banyak disebut.

Banyak anak yang tak suka dengan matematika karena dianggap sebagai pelajaran yang susah. Betapa tidak, matematika dipenuhi dengan angka-angka serta berbagai rumus yang bisa bikin pusing.

Akan tetapi, ternyata matematika bisa juga, lho, dipelajari secara menyenangkan. Bahkan, bisa dipelajari lewat seloyang pizza.

Simak beberapa konten tentang belajar matematika di Kompasiana berikut ini yang mungkin akan membuatmu tergerak untuk mempelajarinya setelah membacanya.

1. Pelajaran Matematika: Mencari Rumus Luas Lingkaran Melalui Seloyang Pizza

Kompasianer Yuli Anita yang sekaligus juga guru matematika mengajarkan luas lingkaran pada muridnya lewat media seloyang pizza.

Suatu waktu ia membuat persoalan matematika kepada murid-muridnya. Ia menampilkan dua gambar pizza masing-masing berukuran 25cm dan 15cm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menanyakan pizza mana yang lebih mengenyangkan kepada para muridnya.

Melalui soal dan ilustrasi sederhana namun gampang dimengerti itu, ia kemudian menjelaskan cara menghitung luas lingkaran kepada para muridnya. (Baca selengkapnya)

2. Pentingnya Matematika bagi Emak-emak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.