Kompas.com - 02/07/2021, 15:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021). ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoMenteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak susunan direksi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia atau PPI (Persero).

Perombakan tersebut terjadi saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PPI yang diselenggarakan pada Kamis (1/7/2021).

Dalam agenda tersebut, Erick mencopot Kindy Rinaldy Syahrir dari posisi Direktur Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Umum PPI. Sebagai gantinya, mantan bos Inter Milan itu mengangkat Wien Irwanto untuk menduduki posisi Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, SDM dan Umum PPI.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris Askrindo

Keputusan itu tertuang dalam surat Keputusan Menteri Negara BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Nomor: SK-221/MBU/07/2021.

"Hari ini kami telah menerima pergantian direksi PPI yang baru. Kami menyampaikan terima kasih atas bakti, dedikasi, dan kontribusi Bapak Kindy Rinaldy Syahrir untuk PPI selama ini. Kami juga mengucapkan selamat datang dan siap bekerja bersama dengan harapan bergabungnya Bapak Wien Irwanto, akan semakin meningkatkan kinerja perusahaan dalam mendukung rencana pemegang saham dalam proses holding pangan dan merger BGR ke dalam PPI,” ujar Kepala Sekertariat Perusahaan PPI Syailendra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum masuk ke jajaran direksi PPI, Wien Irwanto Direktur Komersil PTPN XII. Dia juga pernah pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan di Kementerian BUMN.

Wien lahir di Surabaya, pada tanggal 7 Juni 1972. Pria tersebut memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Katolik Parahyangan kemudian melanjutkan ke program pascasarjana bidang studi Ekonomi Syariah di Universitas Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir Ingin Indonesia Tambah 20 Unicorn Baru

"Pergantian pimpinan suatu jabatan, baik itu karena promosi maupun rotasi dalam sebuah perusahaan/instansi, adalah suatu peristiwa yang biasa terjadi, hal ini seiring dengan tuntutan dan perkembangan perusahaan, yang juga berkaitan dengan penyegaran dan regenerasi kepemimpinan," kata Syailendra.

Dengan adanya perombakan ini, maka susunan direksi PPI yang baru adalah sebagai berikut:

  • Direktur Utama: Nina Sulistyowati
  • Direktur Komersial: dan Pengembangan: Andry Tanudjaja
  • Direktur Operasi: Eko Budianto
  • Direktur Keuangan, Manajemen Resiko, SDM dan Umum: Wien Irwanto.

Baca juga: Erick Thohir Buka Peluang BUMN Rambah Ekosistem Uang Digital

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.