Ini Keuntungannya Bersaing secara Sehat di Kantor

Kompas.com - 18/07/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Hidup ibarat sebuah kompetisi, di mana setiap pesertanya harus bersaing untuk mencapai kemenangan atau tujuan. Hal inilah yang dapat kamu temukan di dunia kerja.

Di kantor, persaingan antar rekan kerja biasa terjadi. Siapapun pasti ingin menunjukkan keahlian, kemampuan, kompetensinya agar menjadi karyawan terbaik.

Dari kemenangan tersebut, akan berbuah promosi jabatan lebih tinggi dan kenaikan gaji. Mungkin juga benefit lain, seperti beasiswa pendidikan ke luar negeri atau lainnya.

Bersaing dalam dunia kerja sangat wajar, bahkan sangat penting untuk kariermu. Kok bisa? Berikut alasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Persaingan menentukan perkembangan karier

Setiap orang pasti berusaha menjadi yang lebih baik. Jika kamu memilih mundur, tanpa berani bersaing, jangan harap kariermu akan melejit. Itu artinya juga, gajimu tidak akan naik. Mentok segitu-gitu saja.

Apapun yang kamu minta ke perusahaan kemungkinan besar akan ditolak. Sebab, kamu tidak menunjukkan performa terbaik untuk kemajuan perusahaan.

Perusahaan merasa kamu tidak mampu mengeksplor diri dengan tantangan yang ada di depan, seperti bidang pekerjaan lain maupun antar rekan kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Tanpa bersaing, kamu akan disepelekan

Jangankan perusahaan, sesama rekan kerja pun akan meragukan kemampuanmu saat kamu tidak mau bersaing. Mereka akan berasumsi kalau kamu diterima perusahaan hanya karena faktor keberuntungan semata.

Mau dicap seperti itu? Jika tidak, ayo bersaing dengan yang lain. Selagi bersaing secara sehat, maka tak ada yang menyalahi aturan.

Kamu tidak perlu menunjukkan sisi sengitnya persaingan layaknya dalam sebuah kompetisi. Mainnya harus lebih cantik, seperti memberikan ide-ide brilian saat rapat, sanggup menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline, menjadi problem solving ketika tim didera masalah, atau lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X